Spesifikasi & Harga TCL 20 Pro 5G

TCL 20 Pro 5G telah dirancang seperti telepon yang akan menduduki puncak kisaran produsen beberapa tahun yang lalu, & mungkin berharga empat angka pada saat itu. Sementara 20 Pro 5G juga berada di puncak jajaran smartphone TCL yang sedang berkembang, harganya cuma $500.

Ini saja membuat saya ingin mengujinya, & semakin banyak rekomendasi yang dapat kami buat dengan harga ini, semakin baik. Tetapi, minggu-minggu saya dengan TCL 20 Pro 5G ternyata menjadi perjalanan rollercoaster dengan awal yang goyah & terus naik turun, tetapi itu cukup menebus saya untuk mengujinya. Pertanyaannya adalah, apakah itu berhasil melakukannya sepenuhnya? Begini rasanya.

Desain TCL 20 Pro 5G

TCL 20 Pro 5G jelas merupakan bagian dari nostalgia smartphone, karena kita telah melihat ponsel yang terlihat seperti ini sebelumnya. Ketipisannya 8.8mm & meruncing ke titik yang relatif tajam di kedua sisi layar dengan rasio aspek 20:9 yang ramping. Bagian yang dipoles pada panel belakang kaca hitam matte memberinya beberapa karakter, mengulangi desain yang pernah kita lihat sebelumnya pada Huawei P30 Pro, tetapi di sini lensa kamera menyatu dengan bodi.

TCL 20 Pro 5G dari belakang.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Ini mengingatkan tidak cuma pada ponsel Huawei, tetapi juga perangkat lama seperti OnePlus 7 Pro, Oppo Find X2 Pro, & berbagai ponsel Samsung Galaxy termasuk Galaxy S8. Meskipun desainnya sangat cantik & lebarnya membuatnya mudah untuk dipegang & digunakan dengan satu tangan, ia datang dengan masalah yang sama seperti yang dilakukan ponsel beberapa tahun yang lalu — itu halus, benar-benar terlepas dari semuanya, & sisi-sisinya membuatnya tidak nyaman untuk pegangan. Dengan berat 190 gram, ini lebih ringan daripada banyak ponsel besar modern.

Ada casing TPU transparan yang disertakan di dalam kotak, & saya merasa perlu menggunakannya karena sisi ponsel yang tajam & licin. Jack headphone 3,5 mm adalah tambahan yang disambut baik, ada port pengisian USB Type-C di bagian bawah ponsel, & satu speaker juga. Tombol daya & volume terbuat dari logam tipis, ditambah ada Smart Key di sisi kiri ponsel yang dapat disesuaikan untuk melakukan tindakan seperti membangunkan Google Assistant, mengaktifkan kamera, mengambil tangkapan layar, atau menonaktifkan sepenuhnya. Saya terpaksa menonaktifkannya, karena saya hampir selalu menekan tombol secara tidak sengaja selama penggunaan normal.

Sulit untuk tidak melihat TCL 20 Pro 5G sebagai “tua” ketika Anda meletakkannya di samping Samsung Galaxy S21+, karena ini menyoroti bagaimana desain telah berubah sejak saat 20 Pro 5G akan terlihat segar. Ponsel Samsung memiliki ukuran & berat yang hampir sama tetapi jauh lebih nyaman untuk dipegang, tidak licin, & dapat dibilang lebih bergaya juga. Apakah tua itu buruk? Tidak, TCL 20 Pro 5G memang sangat cantik, tetapi sedikit membuat frustrasi karena TCL tidak berhasil menghindari jebakan ponsel serupa saat menggunakan desain pada tahun 2021.

Perangkat lunak TCL 20 Pro 5G

Pengalaman awal saya dengan TCL 20 Pro 5G tidak seperti ponsel lainnya. Saya mengatur semua ponsel ulasan dari awal dengan SIM utama saya, tetapi pertama kali saya melakukannya dengan 20 Pro 5G, itu adalah bencana. Saya memiliki masalah dengan layar yang mengenali ketukan, kecerahan otomatis tidak berfungsi, saya hampir tidak menerima pemberitahuan, & memiliki masa pakai baterai yang sangat buruk. Sangat buruk sehingga saya mengatur ulang telepon & mencoba lagi, tetapi tidak ada yang berubah, jadi saya berhenti menggunakannya, & memeriksa dengan TCL mengenai pembaruan perangkat lunak yang masuk.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Honor 70

Saya mengatur ulang telepon untuk ketiga kalinya setelah menunggu, tetapi tidak mendengar berita tentang pembaruan perangkat lunak apa pun, & anehnya telepon telah beroperasi jauh lebih baik sejak saat itu. Saya belum menerapkan pembaruan perangkat lunak apa pun di luar proses pengaturan ulang/pengaturan. Saya menguji banyak ponsel & belum pernah menemukan ini sebelumnya. Saya mencatatnya karena jika Anda membeli TCL 20 Pro 5G & ternyata tidak berfungsi dengan baik, beberapa pengaturan ulang dapat menyembuhkannya.

Pengalaman awal saya dengan TCL 20 Pro 5G tidak seperti ponsel lainnya

Ponsel ini memiliki Android 11 dengan antarmuka pengguna TCL v3.0 di atasnya, yang relatif bebas repot, & dekat dengan pengalaman Android vanilla yang Anda dapatkan di seri Google Pixel. Tetapi, pengaturan aplikasi di Laci Aplikasi diatur ke Kategori secara default, yang menurut saya kurang intuitif daripada abjad, & ada berbagai aplikasi pra-instal ditambah ikon pintasan ke layanan seperti menyiapkan Smart Key, mengunci layar, & mengakses halaman dukungan TCL.

Pemberitahuan lebih dapat diandalkan daripada saat saya pertama kali memulai, tetapi telepon memang memiliki kecenderungan untuk berhenti menampilkannya di layar kunci & cuma memulai lagi ketika Anda membuka kunci telepon. Saya juga mengalami beberapa ketidakstabilan aplikasi yang aneh, dengan Outlook menolak untuk bekerja dengan koneksi seluler, tetapi tampaknya baik-baik saja saat terhubung ke Wi-Fi.

Pemutaran video di TCL 20 Pro 5G.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Deteksi tepi tidak sebaik yang seharusnya. Saya terkadang masih secara tidak sengaja membalik dari satu aplikasi ke aplikasi lain saat menggesek mengetik, misalnya. Sisi positifnya, sistemnya cepat, & saya sangat menyukai berbagai desain layar yang selalu aktif, khususnya yang memiliki waktu yang ditunjukkan dengan warna merah di sisi layar. Sangat jelas & terbaca, bahkan dari kejauhan. Meskipun TCL 20 Pro 5G sekarang berfungsi hingga saya dapat menggunakannya setiap hari, TCL 20 Pro 5G masih memiliki masalah, yang dikombinasikan dengan pengalaman awal saya tidak memberi saya banyak kepercayaan di dalamnya.

Layar & kinerja TCL 20 Pro 5G

TCL 20 Pro 5G memiliki layar AMOLED resolusi Full HD 6,67 inci dengan sertifikasi HDR10, tetapi cuma kecepatan refresh 60Hz. Di dalamnya ada prosesor Qualcomm Snapdragon 750G dengan RAM 6GB & ruang penyimpanan 256GB. TCL adalah ahli layar, & kami menilai televisinya sangat tinggi, jadi saya memiliki harapan yang sama tinggi untuk yang dipasang pada telepon 20 Pro 5G.

Layar TCL 20 Pro 5G.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Layar ponsel tidak mengecewakan. Mesin tampilan NXTVISION TCL meningkatkan warna & kontras dengan sangat efektif. Saya meletakkannya di samping Samsung Galaxy S21+, ponsel yang harganya dua kali lipat dengan tampilan yang menurut saya terlihat fantastis, & TCL 20 Pro 5G meningkatkannya. Menonton tampilan Carfection pada Singer Porsche 911 DLS, warnanya lebih kaya & lebih hidup, & bayangannya gelap tetapi tetap penuh detail. Ini benar-benar indah & sangat baik dibandingkan dengan palet alami iPhone 12 Pro yang luar biasa juga.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Samsung Galaxy Z Flip 4

Itu cukup prestasi untuk smartphone $ 500, jadi sayang sekali TCL belum memilih layar dengan kecepatan refresh 90Hz atau lebih tinggi. Ini adalah fitur yang kami lihat bahkan pada ponsel termurah yang tersedia sekarang ini & juga ditemukan pada saingan utama TCL 20 Pro, Samsung Galaxy A52 5G. Saya melewatkan pengguliran halus yang indah saat menggunakan Twitter atau Chrome yang ditambahkan oleh kecepatan refresh 90Hz. Performa layar juga dikecewakan oleh speaker tunggal, yang mudah ditutup oleh tangan Anda, & secara mengejutkan tidak memiliki kedalaman & bass.

Asphalt 9: Legends dimainkan di TCL 20 Pro 5G.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Saya tidak memiliki keluhan tentang kecepatan yang disediakan oleh Snapdragon 750G & telah menikmati bermain game di TCL 20 Pro 5G. Saya memainkan keduanya Asphalt 9: Legenda & Dampak Genshin & ternyata ponsel ini sangat nyaman dipegang dalam orientasi lanskap. Itu juga tidak menjadi panas, & permainan dimainkan dengan lancar. Kontras & warna layar yang indah membantu menjadikan game sebagai salah satu kekuatan ponsel.

Baterai 4.500mAh akan memberikan dua hari penggunaan moderat, tetapi tidak suka ketika Anda mendorong ponsel sedikit lebih keras, terutama jika Anda ingin memanfaatkan layar. Baterai akan turun hingga 20{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} pada akhir hari pertama setelah penggunaan normal ditambah satu jam gameplay, beberapa YouTube, & panggilan video. Pengisian daya dilakukan dengan pengisi daya 18W yang disertakan, memerlukan waktu dua jam untuk mengisi daya ponsel hingga penuh.

Layar hp tidak mengecewakan

Ini memiliki koneksi Sub-6 5G yang akan bekerja dengan T-Mobile, tetapi kompatibilitas dengan AT&T akan terbatas pada 4G LTE karena pita yang didukung ponsel. Koneksi Wi-Fi memiliki jangkauan yang lebih pendek daripada ponsel lain tetapi kualitas panggilannya bagus.

Kamera TCL 20 Pro 5G

Ada empat kamera di bagian belakang TCL 20 Pro 5G. Kamera utama 48 megapiksel memiliki aperture f/1.8 & stabilisasi gambar optik, & didukung oleh kamera sudut lebar 16MP, kamera kedalaman 2MP, & kamera makro 5MP jika Anda membeli ponsel di AS. kamera makro memiliki 2 megapiksel. Anda dapat merekam video 4K pada 30 frame per detik & mengambil selfie dengan kamera hole-punch 32MP di bagian atas layar.

Lensa kamera TCL 20 Pro 5G.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Untuk penggunaan sehari-hari secara umum, kamera dapat diterima, tetapi jangan berharap untuk menyaingi Google Pixel 4a atau Samsung Galaxy A52 5G, atau secara khusus terinspirasi olehnya. Yang jelas adalah jika Anda ingin mengambil foto yang layak & dapat dibagikan, Anda harus tetap menggunakan kamera utama untuk gambar diam. Masalahnya adalah ketidakkonsistenan antara kamera utama & sudut lebar, dengan kamera utama tetap netral pada warna & pencahayaan, sedangkan kamera sudut lebar terlalu jenuh terutama dalam kondisi pencahayaan yang kurang ideal.

Bidikan cahaya rendah di dalam ruangan menggunakan mode malam kamera rata-rata & tidak memaparkan banyak detail, kamera makro (versi 2MP di sini) canggung untuk digunakan karena tidak memiliki fokus otomatis, & bahkan ketika Anda mendapatkan jarak yang tepat foto tidak menarik. Pengaturan zoom 2x di aplikasi kamera mengakses zoom digital, & video terlihat buram dalam pencahayaan luar ruangan normal.

Harga & ketersediaan TCL 20 Pro 5G

Anda akan membayar $500 untuk TCL 20 Pro 5G, & itu dapat dibeli melalui Amazon. Di Inggris harganya 499 pound Inggris & tersedia melalui pengecer termasuk Argos. Ada dua pilihan warna, Marine Blue atau Moondust Grey (terlihat di foto kami), tetapi cuma satu opsi penyimpanan 256GB yang tersedia.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Oppo Reno 8 Pro

Kesimpulan

“Keahlian layar TCL bersinar di TCL 20 Pro 5G, tetapi bagian lain dari ponsel ini — mulai dari kamera hingga perangkat lunaknya — tidak memenuhi standar yang sama, & tertinggal di belakang kompetisi.”

kelebihan

  • Layar luar biasa untuk video
  • Performa game yang bagus

Kontra

  • cuma kecepatan refresh 60Hz
  • Perangkat lunak yang tidak dapat diandalkan
  • Tidak tahan air

Ini bukan smartphone pertama TCL, tetapi masih terasa seperti TCL belum mencapai langkahnya. Layar adalah bagian terbaik dari telepon, yang merupakan bidang keahlian perusahaan, tetapi sisanya terbagi antara positif & negatif. Itu membuat desain & kegunaan perangkat lunak benar, tetapi bug & inkonsistensi di seluruh membunuh kepercayaan saya di dalamnya. Kamera utama mengambil foto yang bagus, tetapi sudut lebar & kinerja video jauh di belakang kompetisi.

Baterai baik-baik saja dengan penggunaan ringan, tetapi efisiensi berkurang ketika Anda menggunakan telepon lebih banyak, menunjukkan perlu perbaikan. Meskipun saya menyukai desain ponsel secara keseluruhan, banyak yang tidak menyukai layar melengkung & pengenalan sentuhannya yang tidak akurat, & sisi yang tajam. Ini membuat TCL 20 Pro 5G sulit untuk direkomendasikan, terutama karena ada persaingan kuat di sekitarnya baik dengan harga yang lebih tinggi maupun lebih rendah.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Ya. Kami merekomendasikan Samsung Galaxy A52 5G seharga $500 yang memiliki layar 90Hz, desain cantik yang lebih tahan lama karena peringkat tahan air IP, prosesor yang sama, layar yang menarik, & dukungan perangkat lunak yang lebih lama. Google Pixel 4a 5G seharga $ 500 adalah opsi lain dengan perangkat lunak & dukungan yang lebih baik, & kamera yang lebih baik.

Jika 5G bukan keharusan, Anda dapat menghabiskan lebih sedikit & tetap mendapatkan ponsel yang bagus. Google Pixel 4a seharga $ 350 masih merupakan pembelian yang solid meskipun telah agak tua, seperti OnePlus Nord CE yang jauh lebih baru seharga $ 420/299 jika Anda tinggal di luar AS, & jika Anda menginginkan ponsel Apple, iPhone SE seharga $ 400 harus juga menjadi pertimbangan utama.

Berapa lama itu akan bertahan?

TCL bermaksud untuk memberikan dua pembaruan versi Android & dua tahun pembaruan keamanan ke 20 Pro 5G. Ini cukup, tetapi di balik apa yang ditawarkan Samsung pada Galaxy A52 5G, & di balik dukungan Apple untuk seri iPhone. Ponsel ini terbuat dari kaca & tidak memiliki peringkat tahan air IP, jadi Anda harus berhati-hati dengannya. Jadwal pembaruan perangkat lunak & kurangnya daya tahan berarti setelah dua tahun Anda mungkin akan siap untuk meningkatkan.

Haruskah Anda membeli satu?

Tidak. Meskipun layar TCL 20 Pro 5G mengesankan, masa pakai baterainya tidak terlalu lama, pengisian dayanya lambat, kurang tahan lama dibandingkan beberapa pesaingnya, & saya khawatir dengan keandalan perangkat lunaknya.

 

Source: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.