Spesifikasi & Harga Nokia XR20

Tangguh tidak harus berarti jelek lagi sekarang karena HMD Global telah memperkenalkan smartphone Nokia XR20, yang dikatakan “dapat menahan apa pun yang dilemparkan kehidupan & tampak hebat melakukannya.” Itu klaim yang cukup berani ketika, dengan kebutuhan, ponsel kasar biasanya terlihat seperti tersembunyi di dalam casing yang tebal & jarang sangat menarik.

Tetapi apakah ini berarti XR20 adalah ponsel yang tangguh untuk semua orang, terlepas dari apakah Anda menghabiskan waktu dalam situasi di mana ponsel yang lebih kecil akan hancur dalam beberapa saat atau tidak?

Desain Nokia XR20

Nokia XR20 secara efektif mengangkangi dunia ponsel tangguh & model mainstream yang lebih tebal dengan menghindari bumper yang menonjol & potongan garis miring pada panel belakang untuk melambangkan ketangguhan. Ini juga menampilkan rona biru halus alih-alih skema warna hitam atau kuning yang cuma meneriakkan “bahaya!” Meskipun jelas bukan ponsel mainstream seperti OnePlus Nord 2, itu tidak cuma akan terlihat seperti rumah yang tertutup debu & dilemparkan sembarangan ke dalam kabin mesin berat.

Nokia XR20 dalam warna Ultra Blue, terlihat dari belakang.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Lihat saja beberapa detailnya. Saya suka sasis logam aluminium terbuka di sisi telepon & pola X sederhana pada modul kamera, misalnya. Tetapi Nokia tidak melupakan apa sebenarnya ponsel ini, terlepas dari elemen visual yang rapi ini, dengan menyertakan potongan untuk tali lanyard, panel belakang polimer bertekstur untuk pegangan lebih, & tombol darurat yang dapat diprogram juga.

Penggunaan satu tangan praktis tidak mungkin dilakukan jika Anda memiliki tangan yang kecil.

Ini adalah binatang chunky dengan tebal 10.64mm & 248 gram. Cangkang plastik tipis menutupi telepon, secara efektif terlihat seperti kasing ergonomis pada telepon yang lebih ramping & dilengkapi dengan sertifikasi MIL-STD-810H “spesifikasi militer” & peringkat IP68. Ini berarti ia telah bertahan jatuh dari 1,8 meter & berada di air hingga kedalaman 1,5 meter hingga satu jam, bersama dengan tahan terhadap paparan debu & banyak lagi. Ini memiliki Gorilla Glass Victus di atas layar.

Ini adalah ponsel yang sangat lebar, & penggunaan satu tangan secara praktis tidak mungkin dilakukan jika Anda memiliki tangan yang kecil, tetapi ponsel ini nyaman & alami untuk dipegang karena tidak memiliki tonjolan atau bagian pelindung pada bodinya. Ada bibir terangkat halus di sekitar layar untuk melindunginya saat diletakkan menghadap ke bawah, tetapi tidak terlalu ekstrem sehingga Anda merasakannya setiap kali menggeser menu.

Luar biasa untuk review ponsel, saya sengaja menjatuhkan XR20 & memasukkannya ke dalam air juga. Ini masih berfungsi seperti yang Anda harapkan setelah berbagai dunking & jatuh dari ketinggian pinggang ke berbagai permukaan dari rumput hingga kerikil. Cangkang plastik keras telah mengambil lecet, menunjukkan bahwa meskipun terlihat cantik sekarang, mungkin tidak akan lama jika benar-benar disalahgunakan. Itulah harga yang Anda bayar untuk XR20 yang terlihat agak normal. Saya suka kepercayaan diri untuk dapat menggosoknya dengan cepat & sedikit sabun.

Nokia XR20 bukan model catwalk, tetapi juga tidak dibuat cuma untuk lokasi pembangunan. Itu pasti ingin menyeberang ke kedua dunia, tetapi begitu kita masuk ke bagian lain dari telepon, menjadi jelas bahwa sementara semuanya berdandan, keindahannya cuma sedalam kulit. Ini bukan kritik, cuma saja jangan salah mengartikannya sebagai sesuatu yang bukan. Jika saya seorang peselancar, pejalan kaki akhir pekan, atau seseorang yang bekerja di lingkungan yang tidak menyukai elektronik secara umum, itu sangat sesuai dengan tagihan. Tidak benar-benar sebagai ponsel utama, tetapi tentu saja sebagai ponsel kedua yang “ramah gaya hidup”.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga OnePlus Nord 2 5G

Kamera Nokia XR20

Modul kamera mungkin terlihat seperti berisi tiga atau empat lensa kamera, tetapi kenyataannya, modul ini memiliki dua, dengan dua titik lainnya diambil oleh dua unit lampu kilat — LED nada ganda & satu LED. Di dalam lubang-lubang di bagian tengah atas layar adalah kamera selfie 8 megapiksel.

Modul kamera Nokia XR20.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Kamera utama ganda 48MP belakang & pengaturan kamera sudut lebar 13MP berarti XR20 tidak akan pernah menjadi superstar kamera, & tentu saja, tidak dapat bersaing dengan ponsel yang dirancang dengan mempertimbangkan kinerja kamera. Keseimbangan warna, keseimbangan putih, & rentang dinamis ada di mana-mana, & jarang ada dua foto yang memiliki nada yang sama. Inkonsistensi berlanjut saat Anda beralih ke sudut lebar.

Mungkin memakai nama Zeiss, tetapi kemampuan Nokia XR20 tidak sesuai dengan itu. Tidak ada gunanya menilai terlalu keras karena Nokia benar-benar tidak menjual ponsel sebagai kamera dengan performa terbaik, & foto yang diambil sebagian besar dapat diterima dalam pencahayaan yang layak, tetapi jika Anda tertarik untuk mengambil foto yang sangat bagus & memiliki beberapa kesenangan kreatif dengan kamera, ini bukan ponsel untuk Anda.

Performa Nokia XR20

Ada banyak tombol di Nokia XR20. Tombol Asisten Google di sebelah kiri sasis berukuran besar & mudah ditemukan, yang juga berarti Anda pasti akan menekannya secara tidak sengaja. Ada tombol yang dapat diprogram di bagian atas telepon yang dapat diatur untuk melakukan satu tindakan seperti menyalakan senter atau menghubungi kontak darurat setelah menekan lama. Hampir rata dengan tubuh, jadi kecil kemungkinan Anda melakukan ini secara tidak sengaja.

Sensor sidik jari pada Nokia XR20.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Sensor sidik jari berada di dalam tombol daya & dipusatkan di sisi kanan bodi. Yang mengganggu, saya menemukan jari saya secara alami menekan tombol volume bawah di atasnya ketika mengangkat telepon, sesuatu yang tidak terbantu oleh sensor kecil yang rata & tidak memiliki tekstur untuk membantu menemukannya. Ini dapat diandalkan ketika Anda menemukannya, & sistem buka kunci wajah yang cepat tersedia sebagai cadangan.

Ini memiliki kekuatan yang cukup untuk tugas-tugas umum.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 480 dengan RAM 4GB atau 6GB menjadikan XR20 sebagai ponsel kelas menengah. Ini memiliki kekuatan yang cukup untuk tugas-tugas umum, & saya tidak punya masalah browsing, menggunakan jaringan sosial, menggesek melalui Google Discover, & mengedit foto. Perbedaan antara itu & ponsel yang lebih kuat sebagian besar ditemukan dalam kecepatan keseluruhan saat melakukan tugas-tugas seperti memulai ponsel & aplikasi atau bermain game. Dalam hal tersebut, XR20 sedikit lebih lambat untuk bereaksi. Ini tidak mengganggu di sebagian besar situasi, tetapi itu dapat terjadi ketika Anda ingin melakukan banyak tugas atau cuma menyelesaikan sesuatu dengan cepat.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Nokia G50

Anda juga akan melihat kekurangan daya saat menonton video & bermain game, di mana terkadang ada beberapa gangguan saat menonton film 1080p. Layar LCD 6,67 inci, rasio aspek 20:9, 1080 x 2400 memiliki bezel yang cukup besar di sekitarnya, & sayangnya cuma memiliki kecepatan refresh 60Hz. Layarnya berada “di bawah” bezel, membuat desainnya terlihat sedikit kuno. Kecerahan 550 nits tidak terlalu terdengar, tetapi dapat dibaca di bawah sinar matahari.

Layar Nokia XR20.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Menonton ulasan Carfection Ferrari Portofino M mengungkapkan sudut pandang yang baik & palet warna yang menyenangkan. Ini adalah layar yang bagus untuk ponsel kelas menengah, tetapi tidak terlalu modern & banyak ponsel mainstream memiliki kecepatan refresh yang lebih tinggi. Ada dua speaker, tetapi pemisahan stereonya minimal, dengan sebagian besar volume — yang jumlahnya banyak — berasal dari speaker di bagian bawah telepon. Telepon diputar Asphalt 9: Legenda relatif lancar & tidak panas. Bobot keseluruhan Nokia XR20 berarti itu bukan mitra video atau game yang ideal, & Snapdragon 480 tidak memiliki nyali untuk mengesankan.

Baterai, Software, & konektivitas Nokia XR20

Android One dirancang & ditata dengan rapi dengan cara yang sama seperti pada ponsel Google Pixel, sehingga sangat mudah digunakan & saya tidak mengalami masalah keandalan apa pun. HMD Global menjanjikan tiga tahun pembaruan versi dengan telepon, & empat tahun pembaruan keamanan, yang sangat bagus. Ini memiliki 5G asalkan Anda memiliki jangkauan di wilayah Anda & NFC untuk Google Pay, ditambah ada jack headphone 3.5mm, tetapi koneksi Wi-Fi berjuang untuk mempertahankan sinyal yang lemah dibandingkan dengan ponsel lain.

Baterai 4.630mAh sangat kuat & dapat digunakan kembali selama dua hari bahkan saat Anda bermain game atau menonton video, serta melakukan beberapa panggilan. Sangat menyenangkan melihat pengisian wireless 15-watt disertakan, ditambah ada pengisian kabel 18W Quick Charge 4.0 juga. Tetapi, tidak ada pengisi daya yang disertakan dalam kotak, sehingga kecepatan pengisian daya yang sebenarnya akan bergantung pada pengisi daya yang Anda gunakan.

Harga & ketersediaan Nokia XR20

Nokia XR20 berharga $ 550 tersedia untuk pre-order di B&H Photo sekarang, & kemungkinan akan tersedia dari outlet lain. Di Inggris, XR20 tersedia sekarang & berharga 399 pound Inggris/$552, atau 449 pound/$621 untuk model 6GB/128GB. Ini tersedia dalam Ultra Blue seperti yang terlihat di foto kami, & dalam Granite Grey.

Kesimpulan

“Jangan biarkan ketampanan menipu Anda, Nokia XR20 adalah ponsel yang tangguh. Itu tidak memiliki spesifikasi untuk menandingi kebanyakan ponsel mainstream lainnya, tetapi nilainya datang dengan umur panjang yang mengesankan.”

kelebihan

  • Tubuh yang menarik tetapi tangguh
  • Pembaruan perangkat lunak selama 3 tahun
  • Perpanjangan garansi (tergantung lokasi)
  • Pengisian wireless

Kontra

  • Kamera buruk
  • Performa biasa-biasa saja
  • Layar kecepatan refresh 60Hz
Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Samsung Galaxy Z Fold 3

Kamera yang membosankan, layar kecepatan refresh 60Hz, & prosesor Snapdragon 480 adalah resep untuk ponsel yang berharga $250, tetapi Nokia XR20 berharga $550. Meskipun mungkin terlihat lebih baik daripada sebagian besar ponsel tangguh, ini masih merupakan ponsel tangguh — & bagus — di hati, & Anda membayar untuk rekayasa & sertifikasi yang digunakan untuk membuatnya demikian, daripada kamera & prosesor. daftar spesifikasi -sentris.

XR20 hampir pasti akan bertahan lebih lama dari ponsel yang harganya setengahnya, & masih terlihat bagus saat Anda membawanya keluar kota.

Ceritanya sering berakhir di sini, artinya ketangguhan adalah satu-satunya alasan untuk membeli, tetapi tidak demikian halnya dengan XR20. Bukan cuma bodinya yang membuatnya tahan lama — ada juga umur panjang di tempat lain. HMD Global menjanjikan tiga tahun pembaruan versi Android & empat tahun pembaruan keamanan. Ini juga tercakup dalam garansi tiga tahun jika dibeli di Inggris atau Eropa, lengkap dengan garansi penggantian layar gratis selama satu tahun. Rincian garansi untuk AS berbeda, & HMD Global mengindikasikan akan datang dengan perpanjangan garansi dua tahun.

Kombinasikan ini dengan bodi tangguh, Gorilla Glass Victus, & tahan air IP68, & Anda memiliki ponsel yang dibuat untuk bertahan hingga 2024 & seterusnya. Performanya mungkin tidak memberikan banyak nilai, tetapi pembaruan & garansi melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik. Sebagai ponsel kedua yang digunakan saat keadaan menjadi berlumpur atau berbatu, XR20 hampir pasti akan bertahan lebih lama dari ponsel yang harganya setengahnya, & masih terlihat layak saat Anda membawanya keluar kota.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Sifat kasar Nokia XR20 membuatnya melawan Cat S61 & Cat S62 Pro, keduanya lebih mahal tetapi memiliki fitur teknologi kamera termal Flir & desain yang jauh lebih tradisional. Cat S48c lebih tua tetapi dapat ditemukan dengan harga yang jauh lebih rendah, seperti Motorola Defy baru-baru ini.

Jika Anda ingin menghabiskan sekitar $500 untuk ponsel tanpa desain yang kokoh, kami merekomendasikan Samsung Galaxy A52 5G. Itu memang tahan air & terbuat dari plastik sehingga harus cukup tahan pakai, tetapi layar & kamera lebih unggul dari Nokia XR20.

Berapa lama itu akan bertahan?

Seperti disebutkan di atas, perangkat lunak Android Nokia XR20 akan diperbarui selama tiga tahun, & pembaruan keamanan akan berlanjut selama satu tahun lagi setelah itu. Masa garansi bervariasi tergantung di mana Anda membeli ponsel, tetapi kemungkinan akan ditanggung hingga tiga tahun. Itu berarti Anda harus dapat memiliki & menggunakan ponsel dengan aman hingga setidaknya 2024, ditambah ponsel ini memiliki 5G sehingga Anda juga dapat memanfaatkan kecepatan koneksi tercepat.

Haruskah Anda membelinya?

Ya, tetapi cuma jika “perlu menahan perlakuan kasar” ada di urutan teratas daftar keinginan Anda.

 

Source: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.