Spesifikasi & Harga Nokia G50

Nokia G50 seharga $300 mungkin menjadi berita utama karena menyertakan 5G dengan harga $300, tetapi tidak peduli apa yang industri seluler ingin Anda pikirkan, itu bukanlah alasan untuk membeli ponsel ini, atau yang lainnya sekarang ini. Sebaliknya, Anda tetap harus melihat semua tersangka yang biasa — perangkat lunak, baterai, layar, & kamera — sebelum membuat keputusan.

Dengan G50 dalam penggunaan sehari-hari saya selama lebih dari seminggu sekarang, saya menemukan itu menang dalam dua dari empat kategori tersebut, yang berarti 5G telah cukup untuk membuatnya menjadi pembelian yang direkomendasikan. Tetapi Anda masih harus sangat menyadari satu kelemahan utamanya.

Desain Nokia G50

Nokia G50 adalah ponsel yang sangat besar. Layar 6,82 inci sangat besar, bodinya hampir 9mm tebal & tinggi 174mm (Galaxy S21 Ultra lebih pendek 10mm, sebagai perbandingan), & beratnya 220 gram. Ini akan mengganggu kantong kecil, tetapi tidak pernah tersesat di dalam tas. Sama sekali tidak ada yang halus tentang itu sama sekali, & sama sekali tidak cocok untuk digunakan dengan satu tangan.

Nokia G50 terlihat dari belakang.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Panel belakang terbuat dari plastik & cukup grippy. Di sisi kanan adalah sensor sidik jari di tombol daya, & di sebelah kiri adalah tombol Asisten Google. Itu tepat di tempat yang tepat untuk ditekan sepanjang waktu, & merupakan tambahan yang penuh kebencian karena tidak dapat dipetakan ulang ke sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi lebih banyak orang. Anda dapat menonaktifkannya sepenuhnya, tetapi dengan cara ini rasanya seperti kesempatan yang terbuang sia-sia.

Di bagian belakang, desainnya bisnis seperti biasa untuk Nokia dengan modul kamera melingkar, branding sederhana, & warna Ocean Blue, yang merupakan warna lain dalam jajaran warna Nokia yang terinspirasi oleh lingkungan Nordik. Ini menangkap cahaya dengan cara yang menarik & tidak tercakup dalam sidik jari. Di bagian atas ponsel terdapat jack headphone 3,5 mm, & pengisian daya di ujung yang berlawanan dilakukan menggunakan konektor USB Type-C.

Sensor sidik jari Nokia G50.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Selama seminggu terakhir, G50 telah keluar masuk saku & tas, dibuang secara kasar di saku pintu mobil saya, & umumnya tidak dirawat dengan sarung tangan anak-anak. Ada sesuatu tentang bingkai besar & ukuran raksasa yang mendorong perawatan semacam ini, & hal baiknya adalah G50 terlihat sama seperti saat dikeluarkan dari kotaknya. Ini bukan ponsel yang kokoh, tetapi ada ketangguhan yang berbeda di sini, & meskipun desainnya membuat sulit untuk membedakannya dari banyak ponsel Nokia terbaru lainnya, ponsel ini tetap menarik dengan cara yang sederhana.

Layar Nokia G50

Ya ampun, layar adalah tempat G50 benar-benar kehilangan poin. Ukurannya 6,82 inci, yang sangat besar, tetapi resolusi 1560 x 720 piksel jelas tidak. Ini adalah panel IPS LCD, jadi tidak ada layar selalu aktif yang tersedia, ada beberapa bezel yang serius di sekitarnya, kecerahan maksimum 450 nits hampir dapat diterima, tetapi yang terburuk adalah panel kecepatan refresh 60Hz.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S21 FE 5G
Layar Nokia G50.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Entah itu resolusi rendah yang cocok dengan ukuran besar, atau mata saya sangat terbiasa dengan layar kecepatan refresh 90Hz atau 120Hz, tetapi menggulir pada G50 sering kali merupakan kekacauan yang tidak menyenangkan & kabur. G50 dapat digunakan untuk menjual ponsel dengan layar kecepatan refresh yang lebih tinggi, karena perbedaan di antara keduanya sangat mencolok, bahkan penyangkal “Saya tidak mengerti keributan” yang paling bersemangat akan dengan cepat diyakinkan bahwa 90Hz atau lebih tinggi adalah satu-satunya cara untuk pergi .

Hampir sama buruknya dengan kecerahan otomatis yang redup, yang terlalu lambat untuk bereaksi dalam kondisi luar ruangan yang cerah, & seringkali lebih cepat untuk benar-benar menyesuaikan kecerahan secara manual. Itu harus pada kecerahan maksimal untuk dilihat. Apakah ini berarti bencana untuk video? Tidak, itu tidak seburuk itu. Sudut pandangnya bagus, tetapi Anda dengan cepat kehilangan beberapa warna, yang, jika dilihat langsung, terlihat jelas & cantik. Semuanya jauh lebih baik dari yang Anda harapkan. Saya bahkan dapat hidup dengan speaker tunggal yang jernih & keras di bagian bawah ponsel.

Tetapi, blur kabur dari kecepatan refresh 60Hz sangat mengganggu mata Anda, membuat segala sesuatu mulai dari Twitter hingga Google Discover tidak menyenangkan untuk digunakan, & sejauh ini merupakan bagian terburuk dari layar Nokia G50. Sangat disayangkan, karena sebaliknya, itu layak untuk ponsel dengan harga ini.

Performa Nokia G50

Nokia mendorong G50 sebagai ponsel 5G yang terjangkau, & tentu saja, saya menerima sinyal 5G, dikirim ke sini oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 480 & modem terkait. Anda akan mendapatkan Sub6 5G, tetapi tidak mmWave. Meskipun 5G bagus untuk dimiliki, itu belum penting untuk penggunaan sehari-hari, & saya lebih suka memiliki layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi misalnya.

Bermain game di Nokia G50.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Snapdragon 480 adalah pemain yang layak, tetapi tidak pernah apa yang Anda sebut sangat cepat. Aplikasi terbuka & layar bertukar dengan kecepatan yang tenang tetapi tidak pernah membuat frustrasi, Anda dapat bermain Asphalt 9: Legenda tapi tidak pernah terasa melepuh, cepat di ujung kursi Anda, cuma dapat diterima. G50 memiliki RAM 4GB & ruang penyimpanan 128GB, & kabar baiknya adalah ada slot kartu microSD untuk menambahkan hingga 512GB ke total ini. Kualitas panggilannya sangat bagus, & saya tidak punya masalah dengan koneksi jaringan, Wi-Fi, atau Bluetooth.

Kamera Nokia G50

Tarif standar di dalam modul melingkar di bagian belakang G50, dengan kamera utama 48 megapiksel, kamera sudut lebar 5MP, & kamera kedalaman 2MP. Hasilnya konsisten dengan pengaturan kamera serupa yang ditemukan di ponsel lain juga, dengan kamera utama menghasilkan gambar yang cantik, penuh warna, & dapat dibagikan (dengan sedikit pengeditan). Saya suka itu.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Nokia XR20
Modul kamera Nokia G50.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Sudut lebar kurang berhasil. Ini mengambil foto yang terlalu gelap, & detail hilang dalam bayangan terutama pada hari mendung. Saya tidak akan memilih untuk menggunakannya dalam situasi di mana saya peduli dengan hasilnya. Kamera kedalaman membantu dengan bidikan potret, yang memiliki pengenalan tepi yang dapat diterima tetapi juga mengalami masalah dalam cahaya rendah. Ada berbagai mode selfie potret yang menambahkan latar belakang yang tidak biasa ke bidikan Anda, tetapi tidak terlalu berhasil karena tampilan yang sangat artifisial.

Jika kombinasi kamera 48MP/5MP/2MP belum memberikannya, kamera Nokia G50 tidak menonjol dari pesaingnya, tetapi berfungsi dengan baik asalkan Anda tidak berharap terlalu banyak di luar kamera utama.

Software & baterai Nokia G50

Nokia G50 memiliki Android 11 yang diinstal tanpa antarmuka khusus di atasnya, yang berarti ini seperti pengalaman perangkat lunak Google Pixel, & semuanya lebih baik untuk itu. Chip Snapdragon 480 cukup berani sehingga perangkat lunak tidak pernah terasa berat, ia menjalankan semua aplikasi yang saya instal, menerima pemberitahuan tanpa masalah, & telah menjadi mitra tepercaya selama saya menggunakan telepon.

Mengisi daya Nokia G50.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Perangkat lunak ramah seperti yang diinstal pada G50 membuat perbedaan besar pada kepemilikan. Ponsel ini mungkin tidak memiliki perangkat keras unggulan, tetapi perangkat lunaknya lebih baik daripada beberapa ponsel lain yang memiliki spesifikasi yang lebih patut ditiru. Ini logis & mudah digunakan sejak awal, & merupakan keunggulan G50.

Sama halnya dengan baterai. Sel 5.000mAh di dalam G50 tentu saja berkontribusi pada ukuran & berat ponsel, tetapi karena ponsel bertahan selama dua hingga tiga hari tanpa pengisian ulang, mungkin tidak masalah bagi semua orang. Jika daya tahan baterai adalah yang Anda inginkan, G50 sangat berharga. Ini menyesap daya saat standby juga. Ketika ponsel tidak banyak digunakan di luar pesan & beberapa foto, ponsel ini hampir tidak menggunakan 20% energinya meskipun berpindah antara koneksi 4G & 5G sepanjang hari.

Jika daya tahan baterai adalah yang Anda inginkan, G50 sangat berharga

Sayangnya tidak ada pengisian daya yang sangat cepat — cuma pengisian cepat 18W & tidak ada pengisian wireless — & dibutuhkan setidaknya satu jam 45 menit untuk mengisi ulang.

Harga & ketersediaan Nokia G50

Nokia G50 dapat dibeli melalui Toko online milik Nokia di AS seharga $300, atau di Inggris seharga 200 pound Inggris.

Kesimpulan

“Koneksi 5G Nokia G50 bukanlah alasan untuk membeli, itu cuma manfaat yang layak untuk masa depan. Sebaliknya, masa pakai baterai & perangkat lunak membuatnya layak untuk dicari.”

Kelebihan Nokia G50

  • Daya tahan baterai yang lama
  • Kualitas bangunan yang kuat
  • Perangkat lunak yang andal & bebas repot
  • Pembaruan perangkat lunak yang dijamin
  • 5G untuk masa depan
Baca Juga  Spesifikasi & Harga Motorola Edge+ (2022)

Kekurangan Nokia G50

  • Layar kecepatan refresh 60Hz
  • Layar resolusi rendah
  • Besar & berat

Industri seluler ingin Anda berpikir 5G adalah alasan untuk membeli smartphone, tetapi ternyata tidak. Setidaknya, itu belum. Lebih baik menganggapnya sebagai fitur yang dapat membantu Anda memegang ponsel lebih lama, & alih-alih melihat fitur yang meningkatkan kepemilikan setiap hari sekarang, seperti layar & kamera saat memilih ponsel baru. G50 tidak unggul di kedua bidang tersebut, tetapi memberikan kemampuan yang memadai untuk harganya, & menang dengan perangkat lunaknya yang hebat & masa pakai baterai yang lama.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Di AS, Anda dapat melihat Moto G Stylus (2021) atau Moto G Power (2021) yang berharga antara $250 & $300, OnePlus Nord N200 5G yang memiliki layar 90Hz, atau Samsung Galaxy A32 5G seharga $280. Tetapi, jika Anda menghabiskan $400 Anda dapat mendapatkan Google Pixel 5a dengan kamera yang sangat baik & perangkat lunak yang lebih baik, atau OnePlus 8 yang sekarang ini dikurangi dengan chip Snapdragon 865 & layar 90Hz.

Jangan bingung antara G50 dengan Nokia G300 yang baru saja diumumkan, yang akan dirilis melalui jaringan Tracfone & Straight Talk. Ini cuma $ 200, tetapi memiliki layar yang lebih kecil & kamera dengan spesifikasi lebih rendah.

Di Inggris, Realme 8 5G memberi Anda layar 90Hz, baterai besar, & kamera yang bagus dengan harga yang sama dengan Nokia G50, seperti halnya Xiaomi Redmi Note 10 5G. Jika Anda dapat meregangkan budget hingga 300 pound, OnePlus Nord 2 CE 5G adalah nilai yang baik, atau untuk 400 pound, dapatkan OnePlus Nord 2 5G atau Samsung Galaxy A52 5G.

Berapa lama itu akan bertahan?

Ada kabar baik tentang perangkat lunak karena akan menerima pembaruan versi utama selama dua tahun, & pembaruan keamanan selama tiga tahun. Meskipun 5G bukan alasan untuk membeli G50 sendiri, kehadirannya dapat membuat perbedaan selama kepemilikan karena jaringan menjadi lebih mudah diakses & bermanfaat. G50 tidak menghabiskan banyak uang, tetapi secara realistis dapat digunakan selama tiga tahun.

Itu tidak memiliki peringkat tahan air, & itu bukan ponsel yang kasar menurut desain. Sebuah kasing akan menjadi ide yang bagus, meskipun ponsel ini terasa seperti akan memerlukan sedikit perlakuan keras.

Haruskah Anda membelinya?

Ya, perangkat lunak, masa pakai baterai, & kualitas pembuatan, bersama dengan kamera yang layak tetapi dasar, adalah alasan untuk membeli. 5G cuma akan membantu Anda bertahan lebih lama.

 

Source: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.