Spesifikasi & Harga HP Motorola Edge 5G UW

Motorola Edge 5G UW (2021) adalah handset khusus Verizon (sebagian besar identik dengan model tidak terkunci yang tersedia saat ini) yang memberikan lebih dari yang Anda harapkan berdasarkan harga kelas menengahnya. Ini lebih mirip saudara kandungnya di jajaran Moto G 2021 daripada pendahulunya, Motorola Edge (2020), tetapi tampilannya bisa menipu. Ini dikemas dalam layar 144Hz yang sangat responsif, kamera utama yang mengesankan, dan baterai yang cukup untuk bertahan selama berhari-hari di antara pengisian daya.

Meskipun ada lebih banyak yang baik daripada yang buruk, Motorola memang tersandung beberapa kali di sini. Tidak ada dukungan untuk pengisian nirkabel, speaker tunggal menghasilkan hasil yang kurang memuaskan, dan kelemahan dari layar sebesar ini adalah bahwa ponsel ini akan terlalu rumit bagi sebagian orang untuk digunakan dengan nyaman.

Motorola Edge 5G UW dipegang di satu tangan.
Jeremy Laukkonen/Digitaltrends.com

Desain Motorola Edge 5G UW

Motorola Edge 5G UW (2021) adalah versi eksklusif Verizon dari Motorola Edge generasi kedua, dan ini merupakan perubahan yang tajam dari perangkat keras generasi pertama yang diluncurkan tahun lalu. Ponsel itu memiliki lekukan tebal di tepi layar dan bezel nol di samping, sedangkan perangkat keras generasi kedua lebih mirip ponsel Motorola 2021 lainnya. Ini menampilkan layar LED 6,8 inci besar yang mendominasi bagian depan handset, tetapi bezelnya cukup tebal di sekelilingnya. Bezel atas terlalu tipis untuk menampung sensor kamera, sehingga memiliki kamera lubang jarum.

Konstruksi keseluruhan dari Edge5GUW terasa kokoh, dengan layar kaca 2.5D sehalus sutra dengan sedikit lengkungan, dan bagian belakang plastik bening yang terlihat dan terasa seperti kaca di tangan. Beratnya hanya sedikit di atas 7 ons, yang terasa sangat ringan untuk ponsel berukuran 6,5 x 2,9 x 0,35 inci. Itu mungkin karena penggunaan plastik dalam konstruksi, tetapi tidak terlihat atau terasa murah sama sekali.

Tombol volume dan tombol daya keduanya terletak di tepi kanan bingkai, dengan tombol daya berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari. Sensor bekerja dengan sempurna selama saya menggunakan telepon. Itu tidak pernah salah membaca sidik jari saya sekali pun, dan juga sangat responsif. Ketuk sensor dengan ibu jari Anda, dan responsnya sangat dekat hingga mata saya tidak bisa membedakannya.

Tepi kiri bersih dan telanjang, bagian atas dilengkapi mikrofon, dan tepi bawah menampung laci SIM, mikrofon lain, port USB-C, dan kisi-kisi speaker tunggal.

Bagian belakang plastik seperti kaca itu indah, tetapi juga merupakan magnet sidik jari yang mutlak. Saat dibersihkan dengan kain mikrofiber, ia menangkap cahaya dengan cara yang hampir memalukan untuk ditutup dengan kasing telepon. Motorola menyebut skema warna biru nebula, dan itu satu-satunya pilihan warna yang ditawarkan untuk model ini.

Susunan kamera naik dari bagian belakang casing beberapa milimeter, yang membuat ponsel sedikit goyah saat Anda meletakkannya dengan layar menghadap ke atas. Ketiga sensor kamera tersebut disusun secara vertikal, dengan mikrofon dan flash yang terletak di samping.

Tampilan dan audio Motorola Edge 5G UW

Tepi5GUW menampilkan layar LCD FHD+ 6,8 inci besar yang sedikit diturunkan — dan juga sedikit ditingkatkan — dari perangkat keras generasi sebelumnya. Edge generasi pertama memiliki OLED 6,7 inci dengan kecepatan refresh 90Hz, sedangkan Edge5GUW (2021) memiliki LCD IPS 6,8 inci dengan kecepatan refresh 144Hz yang luar biasa dan kerapatan piksel yang sedikit lebih tinggi.

Sayang sekali kehilangan OLED, tetapi kecepatan refresh yang lebih cepat dan kepadatan piksel yang lebih tinggi benar-benar layak untuk ditukar.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Oppo Reno 8 Pro

Sayang sekali kehilangan OLED, tetapi kecepatan refresh yang lebih cepat dan kepadatan piksel yang lebih tinggi benar-benar layak untuk ditukar. Semuanya, mulai dari navigasi menu hingga game terlihat sangat apik — hingga hampir sulit untuk kembali ke ponsel dengan kecepatan refresh yang jauh lebih rendah.

Suara adalah masalah yang sama sekali berbeda, karena Edge5GUW gagal untuk mengesankan di daerah itu. Ini memiliki satu speaker down-firing yang tidak terdengar bagus. Ketika saya menyalakan game Genshin Impact , saya langsung merasa ngeri ketika seorang karakter mulai berbicara, dan pengeras suara memekik dan berjuang untuk menangani register tinggi.

Volume tidak menjadi masalah, karena speaker lebih dari cukup keras, tetapi tidak menyenangkan pada volume maksimal. Pada volume yang lebih rendah, itu berongga dan nyaring. Jika Anda secara tidak sengaja memblokir kisi-kisi dari satu speaker yang menyala di bawah, suaranya teredam menjadi ketiadaan.

Motorola Edge 5G UW dengan Verizon Adaptive Sound dan iPods Pro.
Jeremy Laukkonen/Digitaltrends.com

Meskipun speaker itu sendiri mengecewakan, pengalaman mendengarkan benar-benar berbeda jika Anda menghubungkan speaker Bluetooth atau earbud. Tepi5GUW mendukung Verizon Adaptive Sound, yang merupakan versi audio spasial Verizon. Saya menghubungkan AirPods Pro dan Pixel Buds saya untuk menguji fitur tersebut, dan itu membuat perbedaan besar. Mode bass boost mirip dengan opsi bass boost Pixel Buds, tetapi Verizon Adaptive Sound memberi Anda sejumlah preset dan equalizer yang dapat disesuaikan juga.

Kamera Motorola Edge 5G UW

Tepi5GUW memiliki sensor kamera utama 108MP, yang merupakan peningkatan besar-besaran dari perangkat keras generasi sebelumnya. Itu didukung oleh kamera ultrawide 8MP dan sensor kedalaman 2MP. Di bagian depan, Anda akan menemukan selfie shooter 32MP yang layak.

Sensor utama 108MP menghasilkan hasil yang sangat kuat dengan pencahayaan yang layak, dengan warna yang cemerlang dan detail yang sangat baik. Bidikan juga menjadi cukup bagus dalam kondisi pencahayaan campuran, seperti foto lanskap yang menyertakan petak langit yang cerah dan bayangan yang dalam di tanah. Dalam kondisi pencahayaan yang lebih rendah, seperti cahaya redup di dalam, saya melihat lebih banyak noise daripada yang saya inginkan. Hal yang sama berlaku untuk bidikan mode malam, yang tampil sangat cerah bahkan dalam kondisi yang relatif gelap, tetapi dengan harga banyak noise berbintik.

Kamera depan berfungsi cukup baik untuk selfie dan obrolan video, tetapi tidak memberikan hasil yang saya harapkan hanya dari angka mentah. Saya melihat banyak butiran dalam bidikan yang diambil dalam pencahayaan yang kurang sempurna, tetapi detailnya cukup bagus. Mode potret menghilangkan warna dan detail, melembutkan dan mencerahkan segalanya.

Kamera dilengkapi dengan sejumlah pilihan yang menyenangkan dan berguna di luar mode potret. Warna spot memungkinkan Anda memilih satu warna dan semua yang lain dalam bidikan ditampilkan dalam skala abu-abu, cutout memungkinkan Anda mengambil gambar orang dengan latar belakang terpotong secara otomatis, dan pengambilan ganda memungkinkan Anda mengambil bidikan dengan kamera utama dan kamera selfie secara bersamaan waktu — untuk berjaga-jaga jika itu adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan.

Software dan kinerja Motorola Edge 5G UW

Tepi5GUW dikirimkan dengan Android 11, dan itu cukup dekat dengan pengalaman stok. Motorola menambahkan beberapa fungsi di atas, dengan fokus yang sama pada gerakan yang sudah ada untuk sementara waktu, tetapi sebagian besar hal bekerja seperti yang Anda harapkan.

Hal terbesar yang harus diatasi jika Anda berasal dari pengalaman Android stok adalah menyeret ke atas dari bawah memunculkan pengalih aplikasi alih-alih laci aplikasi. Untuk mendapatkan laci aplikasi, Anda harus menyeret ke atas sedikit di atas bagian bawah layar. Anda juga dapat mengakses Asisten dengan menyeret ke atas dari sudut kiri bawah atau kanan bawah layar.

Kontrol gerakan memungkinkan Anda melakukan tugas yang berguna seperti mengambil tangkapan layar dengan mengetuk layar dengan tiga jari.

Perubahan paling penting yang dilakukan Motorola untuk Android adalah penambahan kontrol gerakan dan gerakan. Kontrol ini dapat dimatikan jika Anda tidak menyukainya, tetapi kontrol gerakan memungkinkan Anda melakukan tugas yang berguna seperti mengambil tangkapan layar dengan mengetuk layar dengan tiga jari, menyalakan senter dengan gerakan memotong, dan membuka kamera dengan putaran cepat pada pergelangan tangan.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Asus Zenfone 9

Navigasi tajam dan halus, dan aplikasi diluncurkan dengan cepat. Performa keseluruhan sangat baik, bersandar pada chip Snapdragon 778G dan pilihan RAM 6GB atau 8GB Anda. Unit yang saya uji datang dengan 6GB, yang cukup untuk membuka selusin aplikasi tanpa perlambatan saat bertukar di antara mereka.

Tepi5GUW memberikan beberapa hasil benchmark yang layak yang sangat cocok dengan pengalaman langsung saya. Ini mencetak 13.249 besar dan kuat secara keseluruhan di benchmark Work 3.0, yang hampir dua kali lipat skor yang saya lihat awal tahun ini ketika saya melihat Motorola lebih murah5Gpilihan, Motorola5GKartu as. Saya juga menjalankan beberapa benchmark game 3DMark, dan Edge5GUW menggandakan kinerja saudaranya yang lebih murah di sana juga.

Motorola Edge 5G UW memainkan Genshin Impact.
Jeremy Laukkonen/Digitaltrends.com

Untuk sedikit pengujian langsung kinerja game, saya menggunakan Edge5GUW untuk menjalankan harian Genshin Impact saya. Sementara saya lebih suka versi desktop dari game untuk sesuatu yang serius, itu terlihat dan bermain bagus di Edge5GUW. Saya dapat menyelesaikan harian saya tanpa masalah dan bahkan mencatat beberapa waktu di acara Moonlight Merriment. Satu-satunya keluhan saya adalah bahwa satu speaker yang menyala di bawah terhalang saat bermain game dalam mode lansekap.

Konektivitas Motorola Edge 5G UW

Sesuai dengan namanya, the Edge5GUW mendukung 5G NR mmWave dan Sub-6GHz di jaringan Verizon. Tentu saja, ini juga masih kompatibel dengan standar lama seperti 4G LTE jika Anda tinggal dan bekerja di area di mana Verizon belum selesai membangunnya.5Ginfrastruktur. Area tempat saya menguji Edge5GUW cocok dengan deskripsi itu, dengan agak jerawatan5Gpenerimaan, tetapi kecepatan yang saya lihat sekitar dua kali lipat dari yang biasa saya ukur di 4G. Itu sangat mirip dengan pengalaman yang saya miliki dengan Motorola5GAce saya diuji awal tahun ini, yang hanya mendukung sub-6GHz. Jika Anda memiliki akses ke jaringan mmWave Verizon, Anda akan melihat beberapa kecepatan yang cukup hebat dari Edge5GUW.

Melengkapi konektivitas nirkabelnya, ponsel ini juga mendukung NFC, Bluetooth 5.2, dan Wi-Fi 6. Konektivitas Wi-Fi solid dan cepat, dengan dukungan untuk panggilan Wi-Fi. Saya dapat mengirim dan menerima panggilan melalui Wi-Fi, mengunduh dan mengalirkan game, serta mengalirkan musik dan video tanpa masalah.

Untuk konektivitas fisik, ponsel ini memiliki port USB-C untuk menghubungkan aksesori dan memfasilitasi pengisian cepat. Ponsel kelas menengah Motorola dan ponsel kelas menengah dengan harga lebih murah hadir dengan jack headphone, tetapi Edge5GUW tidak memilikinya.

Baterai dan pengisian daya Motorola Edge 5G UW

Motorola mengiklankan Edge5GUW memiliki baterai dua hari, dan itu bukan hanya pemasaran. Anda dapat mengurasnya lebih cepat dengan beberapa penggunaan yang cukup intens, tetapi saya menemukan bahwa penggunaan saya yang relatif ringan benar-benar membiarkan saya pergi tiga hari di antara pengisian daya. Ketika saya membiarkannya untuk memutar video YouTube melalui Wi-Fi, dengan layar setengah kecerahan dan radio seluler mati, Edge5GUW berjalan hanya selama 24 jam sebelum ditutup.

Motorola Edge 5G UW di luar dengan aplikasi golf.
Jeremy Laukkonen/Digitaltrends.com

Meskipun ukuran baterai dan masa pakai baterai adalah poin yang tinggi, situasi pengisian daya secara keseluruhan tidak begitu positif. Tepi5GUW mendukung pengisian cepat hingga 30 watt, yang merupakan peningkatan dari banyak ponsel lain di jajaran Motorola saat ini, dan Anda akan mendapatkan pengisi daya 30W yang dikemas langsung di dalam kotak.

Pabrikan lain menawarkan pengisian daya yang lebih cepat dalam kisaran harga ini, tetapi menurut pengalaman saya, 30W sangat berguna. Saya dapat mengisi daya Edge5GUW dari mati menjadi 100 persen dalam waktu sekitar 90 menit. Pengisian daya nirkabel tidak didukung sama sekali, yang mengecewakan.

Harga dan ketersediaan Motorola Edge 5G UW

Motorola Edge5GUW (2021) tersedia secara eksklusif dari Verizon, dengan tanggal rilis 14 Oktober. Harga mulai dari $700 untuk 256GB, meskipun akan dijual seharga $550. Motorola, Amazon, Best Buy, dan B&H juga menjual model tidak terkunci seharga $700, meskipun ada harga promosi $600 pada tulisan ini.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Samsung Galaxy A53 5G

Kesimpulan

“Motorola Edge 5G UW berdiri tegak di bidang midrange yang ramai, dengan layar 144Hz yang besar, masa pakai baterai yang lama, dan dukungan untuk mmWave dan sub-6GHz 5G.”

kelebihan

  • Layar 6,8 inci yang tajam dengan kecepatan refresh 144Hz
  • Mendukung 5G NR mmWave dan Sub-6GHz
  • Layar sentuh yang sangat responsif
  • Daya tahan baterai yang lama

Kontra

  • Tidak ada pengisian wireless
  • Speaker bawah tunggal
  • Kamera berjuang dalam cahaya rendah

Motorola Edge5GUW adalah handset kelas menengah yang solid yang unggul di beberapa area dan tidak sebanyak di area lain. Itu kehilangan layar OLED tepi melengkung yang mewah yang dimiliki model sebelumnya, tetapi LCD IPS-nya memang terlihat fantastis dan menawarkan kecepatan refresh yang benar-benar mengesankan. Performa keseluruhan sangat bagus, masa pakai baterai sangat lama, dan performa kamera cukup baik di sebagian besar kondisi pencahayaan. Ini adalah salah satu ponsel 5G terbaik yang terjangkau tahun ini, dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi dan baterai yang lebih besar daripada handset lain dalam kategori itu.

Verizon Adaptive Sound menambahkan dimensi ekstra jika Anda menghubungkan headphone atau speaker Bluetooth.

Speaker yang menyala di bawah dapat menggunakan peningkatan, tetapi Verizon Adaptive Sound menambahkan dimensi ekstra jika Anda menghubungkan headphone atau speaker Bluetooth. Saya juga lebih suka melihat pengisian nirkabel di telepon pada titik harga ini, dan kinerja kamera tidak menurun dalam cahaya rendah, yang semuanya menahan telepon ini sedikit. Model khusus ini juga dikunci untuk Verizon, yang merupakan halangan jika Anda menikah dengan operator yang berbeda, tetapi Motorola memang menawarkan versi yang tidak terkunci jika Anda menggunakan yang lainnya dan hanya itu yang Anda tutup.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Pada titik harga promosi $550, ini adalah salah satu pilihan terbaik di atas meja, meskipun kalkulus berubah sedikit setelah semuanya kembali ke $700 MSRP. Jika Anda mencari ponsel dengan kecepatan refresh yang sangat cepat di layar, itu benar. Samsung Galaxy A52 adalah salah satu opsi yang layak, karena menawarkan AMOLED 6,5 inci dengan kecepatan refresh 120Hz dan berharga sekitar $500. Itu memang memiliki prosesor yang sedikit lebih lambat dan susunan kamera yang lebih lemah, tetapi ini adalah opsi yang sangat solid dengan harga itu. Pilihan terbaik Anda berikutnya adalah Google Pixel 5a. Anda tidak akan mendapatkan layar dengan refresh tinggi, tetapi memiliki baterai yang ditingkatkan dan kemampuan kamera yang hebat, terutama dalam cahaya rendah.

Berapa lama itu akan bertahan?

Selain garansi standar satu tahun, Motorola akan menyediakan dua pembaruan Android utama bersama dengan pembaruan keamanan dua bulanan selama dua tahun, yang berarti Edge5GUW dapat diharapkan untuk tetap up to date selama itu. Kualitas pembuatannya bagus, jadi kemungkinan besar akan tetap berfungsi dengan baik setelah itu, tetapi Anda tidak akan dapat mengandalkan pembaruan keamanan selama dua tahun terakhir, dan dalam tiga tahun, Anda akan menjadi salah satu versi Android di belakang handset yang akan tersedia pada saat itu.

Haruskah Anda membeli satu?

Ya, Anda harus mempertimbangkan untuk mengangkat telepon ini, dengan beberapa peringatan. Titik harga $550 yang sangat menarik secara teknis merupakan harga perkenalan, dengan potensi bahwa ponsel akan kembali ke MSRP $700 untuk model yang tidak terkunci setelah jendela peluncuran. Persaingan semakin ketat semakin jauh harga naik, jadi awasi itu jika Anda membeli nanti.

Sumber: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.