Spesifikasi & Harga Moto G Pure

Jajaran ponsel Moto G tidak seharusnya glamor. Mereka adalah pembuat uang. Untuk setiap penjualan unggulan Motorola, setidaknya ada beberapa lusin ponsel kelas menengah & murah yang dijual. Itu sebabnya seri Moto G bertahan ketika yang lain gagal. Sayangnya, lini Moto G menjadi sedikit membingungkan akhir-akhir ini, dengan ponsel seperti Moto G Power, Moto G Stylus, & Moto G100. Sekarang, kita mendapatkan Moto G Pure, yang tampaknya mencoba untuk kembali ke akar anggarannya.

Moto G Pure adalah ponsel entry-level, dengan kompromi di semua tempat yang saya temukan saat saya menggunakan ponsel di jaringan Verizon selama tujuh hari. Muncul dengan label harga yang agak menarik, desain yang bagus, & perangkat lunak Motorola yang merupakan berkah secara bersamaan kutukan.

Desain & tampilan Moto G Pure

Seperti kebanyakan smartphone, desain di bagian depan cukup sederhana. Layar IPS LCD 6,5 inci memiliki lekukan di bagian atas untuk kamera depan tunggal & dagu yang cukup besar di bagian bawah. Di sekitar sisi telepon, ada tombol power bergerigi & volume rocker di sebelah kanan. Di atas adalah jack headphone, di sebelah kiri adalah baki kartu SIM/microSD & di bawah, Anda memiliki kisi-kisi speaker & port USB-C.

Di bagian belakang, ada pola bertekstur bergelombang yang bagus & nyaman dipegang serta mudah dipegang. Ada sensor sidik jari yang dipasang di belakang dengan logo Motorola di dalamnya & tonjolan kamera yang menampung dua sensor kamera & lampu kilat. Bubungan di bagian belakang memiliki kemampuan untuk menangkap cahaya pada sudut yang berbeda & bermain di bagian belakang telepon. Ponsel ini cuma hadir dalam satu warna, yang disebut Motorola sebagai “Deep Indigo”.

Moto G Pure memiliki bagian belakang bertekstur yang mudah dipegang.

Seperti disebutkan, layarnya adalah panel IPS LCD 720p 6,5 inci. Ini cukup tidak mengesankan tetapi memiliki rasio aspek 20:9 yang membuatnya mudah digunakan dengan satu tangan. Terjebak pada resolusi rendah seperti itu sedikit mengecewakan, terutama jika Anda ingin menggunakan baterai besar itu untuk konsumsi media.

Software Moto G Pure

Perangkat lunak Motorola adalah plus & minus di sini, tetapi mari kita singkirkan kekurangannya segera. Ponsel ini dikirimkan dengan Android 11, yang tidak akan terlalu buruk, kecuali pada 4 Oktober, Google merilis Android 12 ke publik. Motorola menjanjikan satu peningkatan sistem operasi & dua tahun pembaruan perangkat lunak. Sekali lagi, itu tidak terlalu buruk, kecuali bahwa OEM lain menjanjikan sebanyak tiga peningkatan sistem operasi & empat tahun pembaruan keamanan. Mengingat orang cenderung memegang ponsel mereka selama lebih dari dua tahun, itu janji yang remeh.

Layar utama Moto G Pure.

Tetapi di sisi lain, perangkat lunak Motorola juga merupakan berkah karena sangat, sangat bagus. Motorola menawarkan pengalaman seperti Pixel dengan peluncur minimal & banyak petunjuk desain dari Google. Motorola melangkah lebih jauh dengan serangkaian gerakan seperti gerakan memotong-motong untuk menyalakan senter. Pergelangan tangan Motorola yang biasa untuk mengaktifkan kamera tidak ada di sini untuk beberapa alasan yang aneh, tetapi gesekan baru bolak-balik di layar membuat Anda masuk ke mode multitasking dengan cukup mudah.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Google Pixel 6

Motorola menawarkan pengalaman seperti Pixel dengan peluncur minimal & banyak petunjuk desain dari Google.

Ini adalah hal-hal yang biasa saya gunakan saat menggunakan ponsel Motorola & sangat saya rindukan saat beralih ke OEM yang berbeda. Mengapa lilitan pergelangan tangan tidak ada di sini tidak jelas, tetapi tidak terjawab. Gerakan multitasking baru akan menebusnya, tetapi kinerja pada ponsel ini tidak cocok untuk tugas tunggal, apalagi multitasking.

Layar ubin di Moto G Pure menampilkan opsi penyesuaian.

Performa & masa pakai baterai Moto G Pure

Di dalam G Pure, ada prosesor MediaTek Helio G25, penyimpanan 32GB, & RAM 3GB. Tambahkan ke baterai 4.000 mAh, & Anda memiliki spesifikasi yang cukup khas untuk ponsel dalam kisaran harga ini. Ponsel ini kehilangan NFC, pengisian wireless, & 5G. Dari semua spesifikasi, penyimpanan 32GB tampaknya ringan untuk kisaran harga ini, tetapi yang lainnya sama dengan dengan apa yang dapat Anda harapkan dari pesaing.

Secara keseluruhan, inilah yang Anda harapkan dari ponsel budget. Meluncurkan aplikasi dapat sangat lambat, meluncurkan kamera memerlukan waktu beberapa detik, & beralih di antara tugas adalah tugas yang sulit. Navigasi gerakan cukup kikuk karena fakta bahwa ponsel tidak terlalu responsif saat istirahat. Saya tidak terlalu terkejut dengan performanya, tetapi sulit untuk tidak sedikit kecewa.

Moto G Pure memiliki sensor sidik jari belakang.
Adam Doud/Digitaltrends.com

Ponsel ini hampir menyesap baterai yang dapat menjadi nilai tambah yang pasti.

Mungkin cara yang baik untuk membenarkan kompromi kinerja datang dalam bentuk masa pakai baterai. Pada 4.000 mAh, ini bukan baterai terbesar yang dapat Anda beli di telepon sekarang ini, tetapi ukurannya sangat bagus & menghasilkan hasil yang bagus. Saya lebih merupakan pengguna smartphone ringan, & saya menggunakan ponsel ini selama dua hari tanpa mengisi daya, tidur pada hari kedua dengan 19%. Ponsel ini hampir menyesap baterai yang dapat menjadi nilai tambah yang pasti.

Kamera Moto G Pure

Pindah ke kamera, ponsel ini memiliki kamera 5 megapiksel tunggal di depan & kamera ganda di belakang. Kamera belakangnya adalah kamera utama 13MP & kamera depth-sensing 2MP. Secara keseluruhan, kinerja kamera adalah tas yang cukup beragam. Pada siang hari, kinerja kamera cukup baik; itu sebenarnya lebih baik daripada kebanyakan ponsel pada level ini. Detailnya tajam & jelas, dengan sedikit kehilangan fokus di sekitar tepi ekstrim foto. Tidak ada highlight yang meledak, darks tidak pixelated sama sekali. Selama subjek Anda tidak bergerak, itu.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S22+

Saat Anda mencoba memotret orang atau hewan, benda-benda akan cepat rusak. Mode otomatis pada dasarnya tidak berguna pada subjek yang bergerak, & mode burst tidak jauh lebih baik. Ini benar terlepas dari kondisi pencahayaan. Dimungkinkan untuk mengambil foto subjek yang bergerak dengan baik, tetapi tentu saja ini pengecualian & bukan aturannya.

Pada malam hari, kamera tidak dapat digunakan. Foto kurang fokus & definisi apa pun. Sorotan meledak, warna gelap berantakan. Ini adalah sama untuk video juga. Berbicara tentang video, pengambilan video siang hari lebih baik tetapi tidak ada stabilisasi di kamera utama atau kamera selfie. Jika Anda berjalan & merekam video, itu akan menjadi perjalanan yang bergelombang.

Satu titik tinggi lainnya pada kamera hadir dalam bentuk fitur yang disebut “warna titik.” Mode ini memungkinkan Anda memilih satu warna dalam bingkai & mengubah sisa foto menjadi hitam putih. Ini adalah efek yang cukup rapi & yang membuat saya sedikit bersenang-senang. Satu-satunya keraguan saya dengan efeknya adalah kenyataan bahwa itu memerlukan dua tangan untuk digunakan. Sambil memegang telepon pada subjek Anda, Anda perlu mengetuk layar untuk memilih warna yang ingin Anda pertahankan. Setelah Anda melakukannya, kamera akan menunjukkan kepada Anda secara real-time seperti apa foto Anda nantinya.

Moto G Pure memiliki pelat belakang bertekstur.

Tak satu pun dari ini sangat mengejutkan mengingat titik harga telepon. Faktanya, satu-satunya hal yang mengejutkan adalah kejutan yang menyenangkan dalam kinerja siang hari & efek warna titik. Kamera yang dijual pada ponsel seharga $ 160 hampir seluruhnya bergantung pada cahaya yang Anda miliki & Moto G Pure tidak terkecuali.

Harga & ketersediaan Moto G Pure

Moto G Pure akan memasuki pasar dengan harga $ 160 tersedia untuk pesan terlebih dahulu mulai 14 Oktober. Ponsel ini dapat dibeli dari Best Buy, Walmart, B&H Photo, Amazon, & langsung dari Motorola. Verizon juga akan membawa ponsel secara eksklusif hingga akhir tahun ini ketika T-Mobile & Metro diharapkan menawarkannya juga.

Kesimpulan

MSRP $160,00

“Moto G Pure adalah smartphone Moto termurah yang dapat Anda beli. Ada kompromi besar, tetapi beberapa kejutan yang menyenangkan juga.”

kelebihan

  • Performa kamera siang hari yang sangat bagus
  • Desain yang bagus

Kontra

  • Kamera buruk di tempat lain
  • Performa lambat
  • Tidak ada NFC atau 5G
Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Apple iPhone 13 Pro

Ponsel ini terasa lebih seperti Moto E, kecuali meminjam dari seri Moto G dengan layar yang lebih besar, sensor sidik jari, & kamera yang layak. Jangan salah, ini adalah ponsel murah dengan semua kompromi yang dapat Anda harapkan seperti kinerja lamban, peluncuran aplikasi yang lambat, & kamera yang cuma mengambil foto bagus dalam cahaya yang bagus. Tahun ini adalah tahun yang spesial karena hampir sulit untuk membeli telepon yang buruk. Ini bukan telepon yang buruk. Tapi itu juga bukan ponsel yang bagus.

Tapi ada beberapa kejutan yang menyenangkan di sini, itulah yang secara realistis dapat Anda minta ketika Anda membayar $ 160 untuk sebuah smartphone. Itu tidak akan menjadi binatang buas, itu tidak akan menjadi juara. Itu mengambil beberapa foto yang layak & bertahan sangat lama di antara pengisian daya. Terkadang itu cukup baik.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Tidak ada kekurangan smartphone yang dapat didapat dengan harga di bawah $100, banyak di antaranya adalah perangkat Motorola sendiri. Seperti yang saya sebutkan di atas, sebenarnya sulit untuk menemukan telepon yang buruk pada tahun 2021, & telepon di bawah $ 100 itu tidak terkecuali. Yang juga patut diperhatikan adalah Nokia G300 baru, yang merupakan ponsel 5G termurah HMD dengan harga $199. Kami belum mengujinya, tapi itu harga yang menarik untuk 5G konektivitas.

Berapa lama itu akan bertahan?

Motorola memiliki sejarah dalam membangun ponsel tangguh & memberikan garansi standar satu tahun, yang bagus. Tetapi Motorola juga memiliki sejarah dukungan perangkat lunak yang buruk, yang tidak baik. Anda akan mendapatkan Android 12 di ponsel ini, tetapi cuma itu. Pembaruan keamanan akan berhenti setelah dua tahun pada tahun 2023.

Haruskah Anda membelinya?

Tidak. Meskipun ini adalah ponsel Moto termurah yang dapat Anda beli, Motorola & HMD memiliki opsi yang mencakup baterai yang lebih besar & bahkan konektivitas 5G. Sementara kamera adalah kejutan yang menyenangkan di ponsel ini, itu tidak cukup untuk membenarkan label harga yang relatif tinggi yang diperintahkan ponsel ini. Beberapa dolar ekstra akan memberi Anda lebih banyak fungsionalitas dalam lini Moto G, belum lagi ponsel yang lebih murah dari OEM lain.

 

Source: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.