Spesifikasi & Harga Huawei MatePad Paper

Apakah Huawei MatePad Paper merupakan e-reader, alat produktivitas, atau tablet? Ini sebenarnya sedikit dari ketiganya dan ini membuatnya menjadi kit yang cukup khusus, terutama karena harganya yang sangat tinggi. Namun, tidak seperti ponsel Huawei, Anda dapat menikmati MatePad Paper bahkan jika Anda mengandalkan layanan Google selama kehidupan sehari-hari Anda. Kombinasikan itu dengan bakat Huawei untuk membuat perangkat keras yang hebat, dan siapa pun yang serius dengan e-book akan ingin melihat lebih dekat.

Desain Huawei MatePad Paper

Pada intinya, Huawei MatePad Paper adalah e-reader, mengambil rentang Amazon Kindle yang hampir ada di mana-mana. Namun, dengan layar E Ink beresolusi tinggi 10,3 inci, lebih besar dan lebih fleksibel daripada Kindle yang berfokus pada e-book. Itu juga dilengkapi dengan stylus sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai notepad atau buku sketsa, dan perangkat lunak ini memiliki program email pra-instal, perekam suara, dan berbagai fitur produktivitas lainnya.

Bagian atas Kertas Huawei MatePad saat dipegang.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Batu tulis tipis ini memiliki ketebalan 6,65 mm dan lebar 182 mm, serta berat 305 gram. Ini lebih berat dari Kindle Paperwhite, tetapi lebih ringan dari Apple iPad generasi ke-9 dan karena bobotnya telah tersebar merata melalui sasisnya, MatePad Paper tidak pernah terasa berat sama sekali.

Huawei telah menutupi MatePad Paper dalam apa yang tampak seperti kulit tetapi terasa sangat mirip plastik. Itu memang memiliki sentuhan akhir yang menyenangkan. Sasisnya sendiri terbuat dari plastik dengan sepasang speaker, kontrol volume, koneksi USB Type-C untuk mengisi daya perangkat, dan sensor sidik jari di kanan atas bodi. Ini cukup dapat diandalkan, tetapi tidak secepat itu.

Tampak samping Kertas Huawei MatePad yang dipegang.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Saya telah menggunakan MatePad Paper sebagian besar sebagai e-reader dan untuk ini sangat baik. Saya suka layar besar karena saya dapat memiliki teks yang lebih kecil dan muat lebih banyak pada satu halaman, dan belum menemukan bobot yang mengecewakan. Nyaman untuk dipegang dalam waktu lama, dan layar lebar berarti Anda dapat meletakkannya di dada saat membaca di tempat tidur. Sisi kiri sasis memiliki bezel yang lebih besar daripada sisi lainnya, memberikan Anda tempat untuk memegang perangkat.

Untuk membaca e-book, MatePad Paper adalah pendamping yang hebat, dan ada sesuatu yang sangat keren tentang layar E Ink monokrom yang besar. Saya juga suka bahwa itu tidak terlihat seperti tiruan iPad lainnya, dan gaya yang canggih membuatnya menonjol dibandingkan Kindle yang sederhana.

Layar Huawei MatePad Paper

Layar E Ink 10,3 inci MatePad Paper memiliki resolusi 1872 x 1404 piksel, menghasilkan kerapatan piksel 227 piksel per inci (ppi). Sebagai referensi, ini lebih rendah dari 300ppi pada Kindle Paperwhite yang lebih kecil dan 264ppi dari Apple iPad generasi ke-9, dan saya perhatikan. Teks masih dapat ditentukan dan dibaca, tetapi tidak setajam yang Anda dapatkan di Paperwhite atau Apple iPad.

Aplikasi Toko Buku di Kertas Huawei MatePad.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Anda dapat mengubah ukuran dan berat font dan kecerahan, tetapi tidak ada opsi di seluruh sistem untuk mengubah tampilan layar, seperti mengubah warna latar belakang untuk tampilan “Paper” alternatif. Semuanya juga monokrom, jadi jangan berharap melihat gambar berwarna, artinya tidak cocok untuk membaca komik atau majalah. Layar MatePad Paper memberikan pengalaman menonton yang mendasar namun kompeten tetapi tidak setajam kompetisi atau cocok untuk banyak hal di luar tampilan teks.

Karena ini adalah layar E Ink, Anda harus menghadapi beberapa penundaan saat berinteraksi dengan layar sentuh. Jeda dapat membuat frustrasi jika Anda mencoba melakukan sesuatu terlalu cepat, tetapi jika Anda hanya mengetuk untuk membalik halaman atau menavigasi menu, itu tidak masalah. Sistem kontrol gerakan bekerja dengan baik asalkan Anda sabar, dan cukup akurat sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakan bilah geser untuk menyesuaikan volume, ukuran font, atau kecerahan layar.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga iPhone SE (2022)
Kertas MatePad Huawei dalam Sampul Folionya.
Huawei MatePad Paper dalam Folio Cover Andy Boxall/Digitaltrends.com

Huawei menggembar-gemborkan fitur Smart Refresh pada MatePad Paper, tetapi saya menemukan bahwa meskipun ini diaktifkan, layar perlu sering di-refresh secara manual, karena gambar “hantu” muncul di layar E Ink di belakang teks yang Anda coba baca . Ini tidak masalah, tetapi jika Anda tidak menyadari bahwa penyegaran dapat menyembuhkannya, maka itu bisa menjadi kekhawatiran.

Bagaimana dengan videonya? Yah, itu berhasil. Ada browser yang terpasang dan Anda dapat mengakses YouTube melaluinya. Video diputar pada kecepatan bingkai rendah dan hanya dalam monokrom, jadi Anda tidak akan menonton film di dalamnya, tetapi Anda dapat mengetahui apa yang terjadi dan audio tidak hanya terdengar bagus, tetapi juga tepat waktu dan disinkronkan dengan kecepatan bingkai rendah video. Namun, menonton video tidak menyenangkan, dan meskipun layarnya bahkan lebih besar dari iPad, MatePad Paper jelas bukan pembangkit tenaga multimedia.

Membaca buku

Layar E Ink ideal untuk membaca e-book. Mereka tidak terlalu terang, tidak melelahkan mata Anda dengan kedipan yang berlebihan, dan tidak memancarkan cahaya biru untuk merusak pola tidur Anda juga. Saya telah membaca di MatePad Paper selama lebih dari seminggu sekarang. Secara default Huawei memasang aplikasi Toko Bukunya sendiri, tetapi tempat ini sangat mengecewakan. Pilihannya sangat jarang, jadi jangan mencari favorit abadi seperti seri Harry Potter.

Sebuah eBuku terbuka di Kertas Huawei MatePad.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Saya memeriksa 20 buku teratas toko Amazon Kindle dan kemudian mencarinya di Toko Buku Huawei. Meskipun sebagian besar tidak tersedia, pasangan yang muncul tidak dalam bahasa Inggris. Beberapa penulis dari daftar 20 teratas Amazon yang ada di Toko Buku Huawei memiliki buku dalam bahasa Italia misalnya, sementara saya menemukan Pachinko karya Min Jee Lee dalam bahasa Hongaria. Saya bisa membeli beberapa literatur klasik dalam bahasa Inggris dan beberapa judul yang lebih modern, tetapi pilihannya tipis, untuk sedikitnya.

Buku apa pun yang Anda beli melalui Toko Buku disimpan di aplikasi Rak Buku. Kunjungi dan Anda akan menemukan bagian Paling Populer yang saya asumsikan diambil dari Toko Buku, di mana setiap buku yang direkomendasikan memiliki pratinjau gratis. Kecuali, semua buku yang ditampilkannya ditulis dengan buruk, coretan lunak dengan judul seperti The Secret Alpha Boss , A Mistaken Marriage with Mr. CEO , dan Forced Marriage with the Billionaire .

Saya bukan pemalu, tetapi mendorong ini pada apa yang bisa menjadi perangkat keluarga menunjukkan moderasi yang buruk di pihak Huawei. Dari sudut pandang teknis, ketika Anda membuka salah satu buku ini (untuk tujuan penelitian, tentu saja), formatnya benar-benar tidak aktif, membuat saya khawatir tentang semua judul berbayar dari Toko Buku Huawei.

Aplikasi rak buku di Huawei MatePad Paper.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Apakah itu, lalu? Perangkat bagus yang terbunuh oleh perangkat lunak yang mengerikan? Tidak. Meskipun toko aplikasi AppGallery Huawei tersedia di MatePad Paper, Pencarian Petal Huawei yang datang untuk menyelamatkan. Fitur ini juga memungkinkan Anda menemukan dan mengunduh file APK dari aplikasi yang tidak tersedia di AppGallery Huawei, dan pembaca Kindle Amazon dapat diinstal dengan cara ini. Saya masuk ke akun saya, dan itu berfungsi dan disinkronkan tanpa masalah. Anda dapat dengan senang hati membaca buku Kindle Anda di MatePad Paper.

Perlu dicatat bahwa file APK tidak berasal dari Google Play, dan juga tidak selalu dari sumber resmi. MatePad Paper menjalankan pemeriksaan malware pada file yang diunduh sebelum penginstalan, tetapi ini mungkin tidak menemukan semua masalah keamanan. Ada tingkat risiko yang terkait dengan pemasangan dan masuk ke aplikasi yang diunduh sebagai file APK karena hal ini. APK Amazon Kindle diunduh dari situs APKPure.com, yang merupakan salah satu sumber file APK paling terkenal.

Bagaimana dengan buku dan toko lain? Jelas tidak ada layanan Apple Books atau Google Play Books, tetapi melalui Petal Search, Kobo Books tersedia sebagai file APK, sementara aplikasi pembaca FBReader dan Aldiko ada di AppGallery. Namun, membuatnya bekerja untuk Anda bisa menjadi cerita lain. Beberapa file memberi tahu saya bahwa mereka kedaluwarsa dan meskipun saya dapat mentransfer file dari Mac Mini saya menggunakan kabel USB Type-C dan Transfer File Android, DRM yang ditakuti menyebabkan masalah dalam beberapa situasi, seperti masalah pemformatan untuk file PDF.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Vivo X70 Pro+
Aplikasi Toko Buku Huawei di MatePad Paper.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

MatePad Paper juga menggunakan koneksi Perangkat Super Huawei dan sistem transfer file. Ketika saya mencoba ini dengan laptop Huawei Mate-book X, tidak segera jelas cara mentransfer file, dan juga memberi tahu saya bahwa fitur tidak mengizinkan transfer file APK sama sekali. Itu akan membuat saya menggunakan MatePad Paper sebagai layar kedua, fitur yang sama sekali tidak membantu pada perangkat E Ink.

Meskipun kedengarannya agak merepotkan untuk mempermasalahkan aplikasi dan file di MatePad Paper, masalah kompatibilitas dan transfer file tidak unik untuk itu, dan saya pernah mengalami masalah serupa dengan e-reader lain di masa lalu. Aplikasi Kindle berfungsi, ditampilkan dengan baik, dan Anda dapat membeli buku melaluinya tanpa masalah, yang mungkin benar-benar dibutuhkan oleh sebagian orang.

Stylus dan software Huawei MatePad Paper

MatePad Paper menggunakan perangkat lunak HarmonyOS 2 Huawei. Ada keyboard di layar untuk mengetik dan layar E Ink tetap terjaga dengan baik, meskipun saya tidak ingin mengetik apa pun dengan panjang apa pun menggunakannya. Untuk itu, Anda mendapatkan stylus M Pencil generasi ke-2 yang disertakan dalam kotak. Serupa dalam ukuran dan ketebalan dengan Apple Pencil, ia memiliki 4.096 tingkat sensitivitas tekanan dan latensi 26 milidetik, ditambah lagi terisi daya saat dipasang secara magnetis ke sisi  MatePad Paper.

Huawei memenangkan poin karena memasukkan Pensil M yang dapat diisi daya secara magnetis ke dalam kotak dengan MatePad Paper, sesuatu yang dilakukan beberapa perusahaan lain, dan itu baru permulaan dari kabar baik. Ini adalah sukacita mutlak untuk digunakan. Huawei telah menyesuaikan layar dan interaksi stylus dengannya agar terasa persis seperti menulis di atas kertas, dan itu melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam mereplikasi pengalaman taktil ini.

Ada aplikasi Notes yang diinstal, dan di dalamnya, ada beberapa opsi termasuk gaya kertas, jenis pena, warna font, dan ketebalan teks. Anda dapat mengonversi tulisan tangan menjadi teks yang siap disalin dan ditempelkan ke email, dan dalam pengujian terbatas saya, itu berhasil mengenali coretan saya kecuali saya berusaha keras untuk menulis dengan berantakan. Saya suka bagaimana itu juga mengambil salah eja.

Teks tulisan tangan di layar MatePad Paper menggunakan stylus M Pencil.
Andy Boxall/ Digitaltrends.com

Apa lagi yang bisa Anda lakukan di MatePad Paper? Menggunakan Pensil M Anda dapat membuat anotasi halaman dalam buku, dan ada mode layar terpisah untuk membuat catatan saat membaca juga, dan ini berfungsi di aplikasi membaca yang diinstal secara terpisah. Ada aplikasi perekam suara yang melakukan pekerjaan dengan sangat baik dan saya bisa melihatnya digunakan untuk kuliah atau wawancara, dan speaker untuk pemutarannya keras dan jelas. MatePad Paper memiliki aplikasi email yang kompeten dengan pengaturan cepat untuk akun Gmail, Yahoo, dan Microsoft, ditambah kalender dan kalkulator yang sudah diinstal sebelumnya.

Baterai, penyimpanan, dan konektivitas

MatePad Paper hadir dengan penyimpanan 64GB sehingga ada banyak ruang untuk buku, file sederhana, dan email. Sayangnya, tidak ada ruang untuk kartu MicroSD. Terhubung ke jaringan Wi-Fi dan memiliki koneksi Bluetooth 5.2 untuk headphone sehingga Anda dapat mendengarkan buku audio.

Di dalamnya ada baterai 3,625mAh yang menurut Huawei akan bertahan selama 28 hari dalam keadaan siaga, yang tidak terlalu berarti di dunia nyata. Sejauh ini, menggunakan MatePad Paper setiap hari selama setidaknya satu jam membaca, bersama dengan penggunaan fitur tambahan tablet dan mengisi daya Pencil M, saya telah melihat penggunaan sekitar 10 hari.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Apple iPhone 13 Pro

Ini jauh lebih sedikit daripada yang Anda dapatkan dari Amazon Kindle, dan harga yang Anda bayar untuk layar yang lebih besar dan fungsionalitas tambahan. Gunakan MatePad Paper semata-mata sebagai e-reader dan Anda mungkin akan memperpanjang waktu ini, tetapi jangan berharap itu berlanjut selama berminggu-minggu tanpa mengunjungi pengisi daya.

Harga dan ketersediaan Huawei MatePad Paper

Tanggal rilis global terakhir Huawei MatePad Paper belum dikonfirmasi, tetapi kami tahu harga untuk peluncurannya di Eropa — 499 euro. Itu sekitar $550. Untuk ini, Anda mendapatkan MatePad Paper, stylus M Pencil, dan penutup folio di dalam kotak.

Kesimpulan

MSRP $550.00

“Huawei MatePad Paper adalah eReader layar lebar yang sangat baik dan dilengkapi dengan stylus M Pencil taktil untuk membantu mencatat, tetapi harga tinggi menghalanginya untuk menjadi pesaing Kindle sejati.”

kelebihan

  • Pensil M dan Sampul Folio disertakan
  • Pencatatan teks dan suara sangat bagus
  • Tipis dan nyaman dipegang
  • Layar besar menambah keserbagunaan

kekurangan

  • Tidak tahan air
  • Pilihan yang jarang
  • Harga tinggi

MatePad Paper sangat tipis, agak berkelas untuk dilihat, dan nyaman untuk dipegang. Sangat masuk akal sebagai alternatif Kindle Paperwhite bagi mereka yang mungkin menganggap layar 7 inci terlalu kecil, atau ingin mendapatkan lebih banyak fungsionalitas dari perangkat E Ink mereka.

Namun, Anda dapat membeli tiga e-reader Kindle Paperwhite dan masih memiliki sisa uang untuk beberapa buku dengan harga satu MatePad Paper. Itu berarti Anda harus benar- benar merencanakan untuk menggunakan stylus, pencatat, dan fitur produktivitas agar masuk akal.

Hanya karena memiliki layar seukuran Apple iPad, jangan menganggapnya sebagai alternatif langsung, karena layar E Ink berarti jika Anda ingin menonton video, Anda lebih baik menggunakan tablet biasa. IPad 10.2 juga lebih murah daripada MatePad Paper.

Meskipun menurut saya ini adalah alternatif yang sangat baik untuk Kindle, fitur lainnya tidak selalu menarik, dan tidak dapat bersaing dengan perangkat keras multiguna yang sebenarnya seperti tablet. MatePad Paper menempati ceruk dalam ceruk, dan sementara saya menikmati membaca e-buku saya di atasnya, saya sangat sadar saya akan melakukan hal yang sama pada perangkat pesaing dengan biaya yang jauh lebih sedikit.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Ya. Jika Anda hanya ingin membaca e-book dan mengambil sebagian besar dari Amazon, maka Kindle Paperwhite lebih murah dan sama mampunya. Jika Anda juga ingin menggunakan stylus dan menonton video di layar lebar, Apple iPad 10.2 generasi ke-9 kompatibel dengan Apple Pencil generasi pertama, dan harganya masih sama dengan Huawei MatePad Paper. Jika perangkat Apple bukan untuk Anda, Samsung Galaxy Tab S8 Plus adalah tablet Android yang luar biasa.

Berapa lama itu akan bertahan?

Penutup Folio yang disertakan dengan MatePad Paper memang membantu melindunginya, tetapi tidak tahan air sehingga Anda harus berhati-hati saat mandi atau di pantai. Anda harus memperhatikan situasi perangkat lunak juga. Sementara Huawei akan memperbarui HarmonyOS, banyak aplikasi yang Anda inginkan harus diunduh sebagai file APK, dan tidak ada jaminan mutlak mereka akan terus bekerja tanpa kesalahan seiring waktu. Yang mengatakan, jika Anda hanya membaca e-book, batasan MatePad Paper adalah ruang penyimpanan internal 64GB, tetapi jika Anda tidak mengisinya dengan cepat, itu akan bertahan selama beberapa tahun.

Haruskah Anda membelinya?

Tidak. Harganya yang tinggi membuatnya sulit untuk dijual saat menghadapi produk pesaing yang tersedia secara luas seperti Amazon Kindle Paperwhite dan Apple iPad 10.2 .

Sumber: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.