Spesifikasi & Harga HP Samsung Galaxy Z Fold 4

Samsung tua yang malas hampir tidak mengubah Galaxy Z Fold 4 di atas Galaxy Z Fold 3, bukan? Sangat mudah untuk memikirkan hal ini setelah melihat sekilas desain atau pemeriksaan statistik secara berdampingan, tetapi jangan menilai buku ini dari sampulnya (layar), karena banyak perubahan kecil Samsung menambahkan sesuatu yang jauh lebih besar. .

Ya, lebih besar . Z Fold 4 benar-benar pertama kalinya smartphone lipat Samsung terbesar dapat direkomendasikan kepada kebanyakan orang, dan jika Anda berinvestasi dalam satu, ia memiliki kekuatan dan kemampuan untuk tetap digunakan selama bertahun-tahun. Inilah mengapa ini merupakan langkah maju yang besar.

Desain Galaxy Z Fold 4

Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu kurus. Itu adalah takeaway utama dasar mengenai Galaxy Z Fold 4 dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 3, tetapi membiarkannya begitu saja merugikan perbedaan yang dibuat oleh perubahan ketat milimeter. Saat ditutup, menggenggam Z Fold 4 tidak seperti memegang ponsel yang tidak dapat dilipat, tetapi tidak jauh Saat Anda membandingkan keyboard di layar, huruf Z Fold 4 memiliki lebar beberapa piksel ekstra, namun menurut saya pengetikan lebih cepat dan akurat pada Z Fold 4. Ini juga bagus karena keyboard Gboard Google telah bergabung dengan milik Samsung. pandangan terbelah.

Samsung Galaxy Z Lipat4.
Andrew Martonik/ Digitaltrends

Saya tidak memiliki masalah menggunakan Z Fold 3 tertutup, tetapi tidak diragukan lagi ini adalah pengalaman yang lebih baik dan lebih konvensional pada Z Fold 4. Perubahan rasio aspek tidak menekan semuanya menjadi tampilan kotak surat vertikal yang aneh di mana saja hampir sama banyak, dan itu berarti membaca teks, melihat Instagram, dan hanya melakukan hal-hal telepon biasa tidak terganggu seperti sebelumnya. 3mm atau lebih yang telah ditambahkan ke Layar Sampul mungkin tidak terdengar sama sekali, tetapi itu benar-benar membuat ponsel lebih dapat digunakan saat ditutup.

Samsung menjelaskan bahwa perubahan ukuran ponsel dimungkinkan sebagian oleh desain engsel baru. Z Fold 3 saya berumur satu tahun dan engselnya telah menjadi gerakan basah yang sangat menyenangkan setelah memulai dengan cukup kaku. Z Fold 4 juga memulai kehidupan dengan lebih sedikit “memberi” daripada yang saya inginkan, tetapi kemungkinan akan mengendur seperti Z Fold 3. Tidak bersuara tanpa gerinda yang terdengar atau sesuatu yang mengerikan seperti itu, dan ada bunyi yang bagus ketika telepon terkunci. Jika Samsung tidak menjelaskan apa yang berbeda tentang engselnya, saya rasa saya tidak akan tahu bahwa itu berubah berdasarkan perasaan saja, dan itu hal yang baik.

Namun, Anda masih berurusan dengan telepon yang sangat tebal dan berat. Beratnya 263 gram dan tebal 15,8 mm saat ditutup, sehingga membebani saku Anda dan selalu terlihat jelas saat dimasukkan ke dalam tas. Tapi sekali lagi, itu tidak sekuat Z Fold 3. Dalam semua aspek bentuk dan ukuran fisiknya, Z Fold 4 merupakan langkah maju yang cukup besar dibandingkan pendahulunya. Sementara saya pikir perubahan membuat Z Fold 4 lebih mudah diakses, mereka mungkin tidak cukup luas untuk mengubah pencela atau mereka yang tidak menyukai Z Fold 3. Ini berbeda, tetapi tidak begitu drastis.

Saya akui, saya adalah pengonversi ponsel lipat, dan Galaxy Z Fold 4 tidak diragukan lagi merupakan puncak teknologi saat ini. Saya akan hidup dengan peningkatan ketebalan dan berat, karena membuka ponsel dan menggunakan layar besar untuk menjelajahi web, menonton video, membaca buku, mengedit foto, dan menelusuri Twitter adalah pengalaman yang fantastis karena perangkat yang sama kemudian dilipat ke bawah agar pas di kantong saya. Ini sangat membebaskan, dan saya merasa lebih nyaman daripada membawa ponsel non-lipat lainnya, tetapi masih sangat besar seperti Galaxy S22 Ultra atau iPhone 13 Pro Max.

Saya juga menyukai hal-hal kecil tentangnya, seperti cara Anda melipatnya sehingga menjadi stand tersendiri untuk menonton video, dan betapa tajamnya layar untuk membaca majalah dan ebook. Dapat dimengerti jika Anda tidak yakin, tetapi jika Anda belum mencoba sendiri Galaxy Z Fold 4 tetapi menjadi lebih tertarik, cobalah. Ini mungkin salah satu yang meyakinkan Anda bahwa layar lipat layar besar siap untuk mainstream.

Layar Galaxy Z Fold 4

Di bagian luar adalah layar Dynamic AMOLED 6,2 inci dengan resolusi 2316 x 904, kecepatan refresh 120Hz, dan rasio aspek 23,1:9. Buka telepon dan Anda mendapatkan Dynamic AMOLED 7,6 inci, juga dengan kecepatan refresh 120Hz, ditambah resolusi 2176 x 1812. Kecepatan refresh untuk layar terbuka bervariasi antara 1Hz dan 120Hz, sedangkan layar penutup bervariasi antara 48Hz dan 120Hz.

Memainkan Asphalt 9: Legends di Galaxy Z Fold 4.
Andy Boxall/ Digitaltrends

Bezel yang lebih kecil di sekitar layar penutup dan perubahan bentuk telepon telah membuatnya jauh lebih bermanfaat, dan merupakan bagian integral dari peningkatan desain dan kegunaan telepon. Layar bagian dalam adalah tempat Anda menonton video, bermain game, membaca buku, melihat dan mengedit foto, dan melakukan banyak tugas. Kabar baiknya adalah bentuknya yang baru juga membuatnya lebih berguna di sini. Ini lebih persegi daripada Z Fold 3, dan sebenarnya lebih dekat bentuknya dengan Oppo Find N. Saya tidak punya masalah dengan kecerahan saat menggunakan telepon di luar, meskipun layar bagian dalam cukup reflektif.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Watch 5

Bagaimana dengan lipatannya? Itu masih ada, tetapi riak di sekitarnya telah berkurang, jadi tidak terlalu terlihat jelas lagi. Ini berlaku untuk saat layar hidup dan mati. Saya telah memperhatikan “tidak memperhatikan” saat menggunakan layar terbuka pada Z Fold 4 berkali-kali, dan kemiringan cekung saat menjalankan jari Anda di atasnya juga sedikit kurang dramatis. Namun masih belum bisa menandingi Oppo Find N yang terlihat tidak ada lipatan sama sekali.

Asphalt 9: Legends terlihat fantastis, penuh warna cerah, dan tanpa blur atau pelambatan sama sekali. Video juga terlihat tajam dan dikemas dengan detail. Ingatlah untuk memeriksa kecerahan, karena ponsel memiliki kebiasaan mengaturnya sedikit terlalu rendah untuk benar-benar menikmati gambar. Dukungan aplikasi untuk layar besar itu bagus, tetapi ada beberapa hal yang harus dibiasakan. Misalnya, Instagram masih tidak menggunakan seluruh layar, sementara YouTube tidak mengadopsi tampilan tablet yang luar biasa dari iPad, dan hanya versi cetak besar dari aplikasi seluler, membuat memilih video menjadi tugas yang melelahkan.

Membaca di Galaxy Z Fold 4.
Andy Boxall/ Digitaltrends

Semua aplikasi Samsung dan aplikasi inti Google benar-benar apik, dan ada sesuatu yang sangat memuaskan saat memulai aplikasi di layar sampul, dan berpindah dengan mulus ke layar lain saat Anda membuka Z Fold 4. Agar Z Fold dapat dioperasikan sebaliknya, Anda harus masuk ke Pengaturan dan secara manual memaksa aplikasi untuk melanjutkan di Layar Sampul dari layar bagian dalam. Secara default, semuanya dinonaktifkan, dan menutup telepon sangat final , karena layar mati.

Kamera Galaxy Z Fold 4

Galaxy Z Fold 4 memiliki kamera utama 50 megapiksel, kamera sudut lebar 12MP 123 derajat, dan kamera telefoto 10MP dengan zoom optik 3x dan zoom digital maksimum 30x. Rekaman video hingga 8K pada 24 frame per detik (fp-, dengan opsi 4K pada 30 atau 60fps. Plus, ada stabilisasi video Super Steady Samsung yang luar biasa. Ada mode Pro untuk gambar diam dan video, mode malam, Single Take , dan mode potret pada kamera utama dan selfie.

Modul kamera Galaxy Z Fold 4.
Andy Boxall/ Digitaltrends

Saya menemukan kombinasi kamera utama yang kuat, sudut lebar yang baik, dan zoom optik 3x tepat, dan Z Fold 4 mengambil foto yang sangat baik dengan ketiganya. Ini hidup dan berwarna-warni tanpa terlalu jenuh, sudut lebar sebagian besar tetap konsisten dengan efek HDR yang sedikit lebih kuat, dan gambar telefoto 3x berisi banyak detail dan tidak ada peningkatan digital yang jelas. Mode potret bekerja dengan sangat baik, dengan pengenalan tepi yang fantastis, sementara mode malam juga bagus tetapi tidak terlalu berbeda dalam kinerjanya dengan Z Fold 3.

Kamera utama memiliki tampilan yang lebih alami daripada Z Fold 3, dengan saturasi yang lebih sedikit dan keseimbangan yang jauh lebih baik. Kamera sudut lebar mengambil foto yang lebih detail, lebih terbuka, dan lebih menarik. Saya menemukan bahwa saya ingin mengedit foto yang diambil Z Fold 4 lebih sedikit daripada yang diambil pada Z Fold 3, dan yakin dengan kemampuannya saat mengambil gambar. Ini tidak dapat menandingi zoom optik 10x S22 Ultra, tetapi ini adalah pesaing yang kuat sebagai serba bisa yang fantastis untuk fotografer kasual dan mereka yang menginginkan sedikit lebih banyak kemampuan.

Apa yang tidak begitu baik? Kamera utama tidak bagus dalam mengambil close-up dan gagal fokus dengan benar jika subjek terlalu dekat dengan kamera. Saya juga memiliki beberapa foto yang diambil dengan zoom optik yang gagal fokus secara umum, tetapi itu jarang terjadi dan itu mungkin karena menggunakan kamera dengan perangkat lunak prarilis. Ini perlu diperhatikan untuk saat ini, tetapi bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Dan meskipun kamera telefoto dapat memperbesar hingga 30x, sulit untuk merekomendasikannya. Kecuali Anda ingin mengambil foto pixelated, jelas ditingkatkan secara digital dengan kualitas buruk, Anda tidak akan mau repot.

Under Display Camera (UDC) memiliki 4MP dan benar-benar tidak lebih baik daripada yang dipasang pada Z Fold 3. Ini mengembalikan gambar yang lembut selama panggilan video, dan jauh lebih tajam daripada kamera selfie 10MP di layar sampul. Samsung mengklaim telah membuat kamera UDC juga kurang terlihat, tetapi di mata saya, pada dasarnya sama. Anda dapat menemukannya ketika Anda mencarinya, tetapi itu tidak pernah mengganggu.

Meskipun Anda mungkin akan sering menggunakan kamera dari layar penutup, ada keuntungan menggunakan kamera dengan Z Fold 4 terbuka. Ini disebut Capture View, dan itu menunjukkan jendela bidik dan kontrol di sebelah kanan dan tampilan galeri vertikal di sebelah kiri. Sangat membantu untuk segera melihat foto yang Anda ambil dalam situasi sibuk, penuh aksi, atau bahkan untuk memeriksa kualitas selfie Anda. Layar penutup dapat digunakan saat menggunakan ponsel terbuka seperti ini, memungkinkan subjek Anda untuk melihat diri mereka sendiri saat Anda mengambil foto, atau Anda dapat menggunakan kamera belakang untuk selfie.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Samsung Galaxy Z Flip 4

Kamera Z Fold 4 sangat bagus dan peningkatan yang pasti dari yang ada di Z Fold 3. Saya bisa mengandalkannya, dan menurut saya foto yang natural tapi penuh warna akan memuaskan mereka yang tidak suka. tingkat kejenuhan yang ekstrem, sambil tetap terlihat cukup baik untuk dibagikan secara online tanpa pengeditan drastis. Perangkat lunak ini cepat dan dikemas dengan fitur, dan aplikasi memanfaatkan banyak layar dan tata letak dengan baik. Anda akan bersenang-senang dengan kamera Z Fold 4.

Perangkat lunak dan kinerja

Galaxy Z Fold 4 menggunakan perangkat lunak Google Android 12L, yang dibuat dengan mempertimbangkan layar yang lebih besar, dan antarmuka OneUI 4.1.1 milik Samsung sendiri. Android 12L tidak berbeda secara drastis dari Android 12 biasa, dan Samsung belum mengintegrasikan tata letak Pengaturan Cepat dua kolom, yang merupakan perubahan visual yang paling jelas. Menghidupkan ponsel adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 dengan RAM 12GB dan pilihan ruang penyimpanan internal 256GB, 512GB, atau 1TB.

4 aplikasi berjalan di layar Galaxy Z Fold 4.
Andy Boxall/Tren Digital

Salah satu fitur baru yang utama adalah Taskbar, yang seperti namanya, seperti Taskbar Windows atau Dock MacOS, karena menambahkan ikon aplikasi ke bagian bawah layar saat ponsel terbuka. Ini dirancang untuk beralih antar aplikasi dengan cepat, dan memang melakukan tugas ini dengan sangat baik. Masalahnya adalah, begitu juga tampilan helikopter saat Anda menggesek layar ke atas, dan bilah pintar slide-in Samsung yang selalu ada.

Meskipun diimplementasikan dengan baik, pada awalnya terasa berlebihan untuk berpindah aplikasi, tetapi cobalah karena lebih cepat daripada sistem lain mana pun, dengan aplikasi yang berpindah secara instan. Ini juga membantu saat melakukan banyak tugas, karena ikon menunjukkan nomor notifikasi. Tata letak mencerminkan dok Android utama, sehingga mudah untuk meletakkan aplikasi penting di sana dan selalu diberi tahu jika ada pemberitahuan yang menunggu.

Multitasking adalah bagian besar dari apa yang membuat Z Fold 4 begitu menarik.

Menggunakan beberapa aplikasi sekaligus di layar bagian dalam adalah salah satu keunggulan menonjol Z Fold 4. Sangat mudah untuk memulai: cukup ketuk dan tahan aplikasi dari Taskbar atau Smart bar, lalu geser ke layar , di mana ia secara otomatis mengarahkan ulang di sekitar aplikasi yang sudah berjalan. Tiga aplikasi dapat berjalan berdampingan, ditambah beberapa aplikasi dapat melayang di atas untuk aplikasi keempat. Dan semuanya tetap dapat digunakan dengan sempurna (hanya sedikit kecil) saat Anda melakukannya. Ini diterapkan dengan sangat baik, dan benar-benar menjadikan Z Fold 4 yang tidak dilipat sebagai ponsel yang menyelesaikan banyak hal dengan cepat dan tanpa keributan.

Ini adalah penghargaan untuk perangkat lunak dan Snapdragon 8+ Gen 1 bahwa ponsel ini menangani multitasking empat aplikasi dengan mudah. Dengan panggilan Teams multi-orang berjalan dan Twitter di sisi lain layar, semua saat terhubung ke sepasang Galaxy Buds 2 Pro, telepon tidak menjadi panas sama sekali. Itu memang membuat beberapa tekanan pada baterai, yang akan kami kembalikan segera. Multitasking adalah bagian besar dari apa yang membuat Z Fold 4 begitu menarik, karena pengalamannya disempurnakan dan sederhana, dan layar bagian dalam memiliki ukuran dan kualitas untuk membuat penggunaan lebih dari satu aplikasi pada satu waktu benar-benar bermanfaat.

Saya secara konsisten terkesan dengan Snapdragon 8+ Gen 1, setelah menggunakannya di Asus Zenfone 9, ROG Phone 6 Pro, dan iQoo 9T. Ini jelas lebih efisien daripada 8 Gen 1 dan menangani ketegangan game papan atas dan suhu sekitar yang lebih tinggi juga lebih baik. Tampaknya tidak terlalu panas secara umum, dan itu membantunya mengatasi tuntutan yang diberikan oleh kemampuan ponsel semata. Rasanya seperti chip seluler generasi berikutnya Qualcomm , sedangkan 8 Gen 1 memiliki masalah panas dan efisiensi yang serupa dengan Snapdragon 888. Saya tidak memiliki masalah dengan konektivitas 5G atau Bluetooth Z Fold 4, dan kualitas panggilan sangat baik.

Baterai dan pengisian daya

Ada baterai sel ganda 4.400 mAh di dalam Galaxy Z Fold 4, dan saat ini, itu adalah bagian terlemah dari paket yang luar biasa ini. Namun, saya hanya memiliki sedikit waktu untuk menggunakan Z Fold 4 sebagai ponsel utama saya, sehingga masa pakai baterai dapat meningkat seiring ponsel mempelajari penggunaan saya. Pengalaman saya sebelumnya dengan ponsel Samsung menunjukkan bahwa perlu waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikannya.

Port pengisi daya pada Galaxy Z Fold 4.
Andy Boxall/Tren Digital

Pada tahap ini, penggunaan yang sulit akan melihat baterai kehabisan daya sebelum akhir hari penuh. Kombinasi aplikasi, panggilan video, GPS, dan penggunaan kamera membuat ponsel beroperasi dari sekitar pukul 7:30 pagi hingga 10 malam, dengan total waktu layar di bawah empat jam. Panggilan video satu jam dengan beberapa multitasking selama itu menghabiskan baterai hingga 20{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57}, sementara konektivitas 5G, foto, dan GPS di pagi hari menghabiskan sekitar setengah masa pakai baterai.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Oppo Reno 8 Pro

Snapdragon 8+ Gen 1 sangat baik dalam mengurangi konsumsi energi saat Anda menggunakan ponsel dengan ringan, seperti untuk browsing web, aplikasi sosial, dan menjawab pesan. Sehari penuh ditambah sedikit lebih mudah dicapai dalam skenario ini, tetapi ketika ponsel ini mampu dan begitu jelas dibangun untuk media dan multitasking, itu mungkin tidak akan sering terjadi.

Anda tidak mendapatkan pengisi daya di dalam kotak dengan telepon (tetapi Anda mendapatkan kabel USB Type-C), dan Z Fold 4 mendukung pengisian daya 25 watt. Pengisi daya yang kompatibel membutuhkan waktu 88 menit untuk mengisi ulang dari 1{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} hingga penuh. Ponsel ini juga mendukung pengisian daya nirkabel dengan watt yang lebih rendah, dan fitur Wireless PowerShare akan mengisi daya perangkat yang kompatibel dengan Qi yang ditempatkan di bagian belakang Z Fold 4 juga.

Kecepatan pengisian yang lambat adalah kekecewaan lain. Sementara AS mungkin sedikit di belakang kurva dengan pengisian daya yang benar-benar cepat, dengan hanya OnePlus yang mendorong batas, seluruh dunia terbiasa dengan lebih banyak ponsel yang mengisi daya hingga penuh dalam 30 menit atau kurang, yang merupakan fitur yang tersedia pada perangkat yang harganya mahal. sepertiga dari harga Galaxy Z Fold 4. Masa pakai baterai yang lebih pendek dari ideal (pada tahap ini) akan membuat pengisian daya yang lambat lebih menjadi masalah bagi sebagian orang.

Harga Galaxy Z Fold 4

Galaxy Z Fold 4 mulai dari $1.799 untuk versi 256GB, kemudian meningkat menjadi $1.920 untuk model 512GB, sebelum mencapai $2.160 untuk versi 1TB teratas. Di Inggris, telepon 256GB berharga 1.649 poundsterling Inggris, sementara Anda akan membayar 1.769 poundsterling untuk model 512GB dan 2.019 poundsterling untuk model 1TB teratas. Ada tiga warna utama: Phantom Black, beige, dan Greygreen. Samsung menjual versi burgundy eksklusif melalui tokonya sendiri.

Meskipun mahal, Samsung memiliki penawaran tukar tambah yang murah hati. Dan sering kali ada diskon besar di operator dan pengecer di luar sana, jadi sangat penting untuk melakukan riset sebelum membeli, karena mungkin untuk mengurangi harga awal yang cukup tinggi.

Kesimpulan

“Galaxy Z Fold 4 kurang kompromi, lebih bertenaga, dan lebih tahan lama dibandingkan pendahulunya. Baterai berjuang untuk mengimbangi kemampuannya, tetapi sebaliknya, ini adalah salah satu smartphone terbaik yang dapat Anda beli hari ini.”

kelebihan

  • Layar penutup yang dapat digunakan
  • Fitur multitasking yang luar biasa
  • Layar dalam sangat bagus untuk game dan video
  • Kamera yang andal dan menyenangkan
  • Bahan tahan air dan tahan lama

Kontra

  • Penggunaan berat membunuh baterai
  • Pengisian lambat

Perubahan kecil membuat perbedaan besar. Di atas kertas, tidak ada apa pun tentang Galaxy Z Fold 4 yang meneriakkan “peningkatan besar” di atas Z Fold 3, dan mudah untuk menganggap itu hanya pembaruan berulang yang tidak menyelesaikan masalah apa pun yang dimiliki orang dengan smartphone lipat besar. Tapi bukan itu masalahnya. Perubahan kecil pada bentuk, berat, dan spesifikasi telah menjadikannya perangkat sehari-hari yang jauh lebih realistis bagi lebih banyak orang, asalkan Anda dapat melewati harga tinggi. Meski begitu, sebenarnya ada nilai bagus di sini ketika Anda mempertimbangkan umur panjang yang ditawarkan oleh perangkat keras dan perangkat lunak.

Galaxy Z Fold 4 terlihat dan terasa futuristik dan berisi teknologi mutakhir — ini adalah ponsel paling kuat yang pernah dibuat Samsung — tetapi itu tidak bisa dikatakan tentang baterai dan pengisian daya. Ini mengisi daya dengan lambat dibandingkan dengan banyak ponsel lain saat ini, dan ada kemungkinan besar baterai habis sebelum akhir hari jika Anda menggunakan ponsel karena tuntutan untuk digunakan. Kedua aspek ini akan menyulitkan sebagian orang untuk benar-benar memanfaatkan kemampuannya yang sangat besar.

Ada lebih sedikit kompromi di sini dibandingkan dengan pendahulunya, pekerjaan yang telah dilakukan untuk membuat desain ponsel lebih sesuai dan dapat digunakan benar-benar mengesankan, dan kekhawatiran akan daya tahan sebagian besar telah dihilangkan. Perangkat lunak ini telah matang dengan baik, dengan sebagian besar aplikasi dan layanan bekerja secara kohesif di kedua layar. Dan karena pembaruan dukungan jangka panjang yang berasal dari kemitraan berkelanjutan Samsung dan Google, Z Fold 4 akan tetap terasa segar selama bertahun-tahun yang akan datang.

Bahkan dengan masa pakai baterai yang lebih pendek dari yang diinginkan, Galaxy Z Fold 4 adalah perangkat seluler paling lengkap, mampu melakukan segalanya, dan bertahan selama bertahun-tahun yang dapat Anda beli hari ini.

Sumber: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *