Spesifikasi & Harga HP Samsung Galaxy Z Fold 3

Ponsel lipat bukan lagi mainan mahal bagi pengguna awal, dan Samsung Galaxy Z Fold 3  hadir untuk membuktikannya. Biar saya perjelas, Fold 3 masih mahal di $1.800, tetapi dalam generasi ketiga peningkatan yang stabil, ini akhirnya menjadi perangkat fungsional untuk digunakan dan dinikmati oleh konsumen rata-rata.

Di luar peningkatan daya tahan yang disambut baik, Fold 3 hanya terasa lebih halus secara umum. Engselnya tidak terlalu besar, lipatan layarnya tidak terlalu terlihat, dan Under Display Camera (UDC) lebih mudah diabaikan daripada lubang punch. Dulu ada trade-off yang cukup signifikan dengan ponsel lipat dibandingkan dengan flagships yang lebih utama dalam hal daya tahan dan kinerja. Itu tidak benar lagi. Setelah hampir dua minggu menggunakan Fold 3 sebagai driver harian saya, saya tidak merasa kehilangan sesuatu yang signifikan dibandingkan dengan Galaxy S21, meskipun masih tidak cocok dengan S21 Ultra.

Desain dan daya tahan Samsung Galaxy Z Fold 3

Fold 3 tidak menyimpang secara radikal dari bahasa desain Fold 2. Sebaliknya, ia berfokus pada penyempurnaan untuk menjadikannya pengalaman yang lebih halus baik secara visual maupun di tangan Anda. Dalam hal footprint, ukurannya tidak jauh berbeda. Saat dibuka, ponsel ini berukuran 158,2 x 128,1 x 6,4 milimeter, dengan layar utama 7,6 inci – sedikit lebih besar dari Kindle Paperwhite dalam hal real estat layar yang dapat digunakan. Beratnya mencapai 271 gram, jadi ini sedikit lebih berat daripada kebanyakan ponsel di pasaran, termasuk S21 Ultra (227 gram), tetapi tentu saja jauh lebih ringan daripada tablet.

Dilipat, menjadi ponsel “batang permen” tinggi dan sempit berukuran 158,2 x 78,1 x 14,4-16 milimeter. Ketebalannya kira-kira setara dengan dua ponsel yang ditumpuk satu sama lain, yang mungkin tampak besar, tetapi menurut saya relatif mudah digunakan dengan satu tangan karena sempitnya layar penutup 6,2 inci. Dibandingkan dengan Galaxy S21 Ultra, menjangkau seluruh layar dengan ibu jari saya bukanlah masalah — tidak diperlukan mode satu tangan.

Z Fold 3 menunjukkan lipatan layar.
Ajay Kumar/Digitaltrends.com

Dibuka, Fold 3 adalah perangkat dua tangan. Saya terus kembali ke perbandingan e-reader karena begitulah cara Anda memegangnya — baik dengan kedua tangan atau dengan kelingking Anda yang memegang bezel bawah. Semua tombol, termasuk tombol power/sensor sidik jari dan volume rocker, terletak di sisi kanan. Ini bekerja dengan baik untuk membuka kunci dengan ibu jari saya karena saya tidak kidal, tetapi saya dapat melihat orang kidal mengalami masalah jika mereka tidak nyaman menggunakan sensor dengan jari tengah atau telunjuk mereka.

Ada beberapa peningkatan daya tahan. Yang terbesar adalah tahan air IPX8. Fold 3 sekarang dapat berdiri untuk menyelesaikan perendaman dalam air, dan tentu saja, model ulasan saya selamat dari pembilasan menyeluruh di wastafel. Ini adalah salah satu penghilangan premium yang lebih besar yang ada untuk perangkat yang dapat dilipat, jadi senang melihatnya diperbaiki. Debu masih dapat menyebabkan masalah karena sifat engselnya, jadi saya tidak menyarankan Anda membawa Fold 3 selama sehari di pantai, tetapi Samsung telah menyertakan bulu “penyapu” di dalam engsel sehingga debu dapat masuk. keluar jika tidak masuk. Ada juga Gorilla Glass Victus di layar penutup, dan layar utama memiliki pelindung layar pra-instal yang diklaim Samsung 80{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} lebih kuat dari sebelumnya.

Ini semua berita selamat datang. Bagi mereka yang telah mengikuti foldables untuk beberapa waktu, Anda akan ingat bahwa model sebelumnya memiliki masalah dengan debu yang masuk dan pelindung layar terkelupas, menyebabkan goresan dan kerusakan lain yang lebih serius pada layar.

Setelah pengaturan awal, Anda akan disuguhi daftar cara merawat telepon yang cukup luas. Ini termasuk tidak menekan terlalu keras, hanya menggunakan S Pen Fold atau S Pen Pro (yang memiliki ujung yang dapat ditarik), menghindari menyimpan kunci dan koin di saku yang sama dengan telepon, dan tidak melepas film pelindung layar. Untungnya, terlepas dari daftar peringatan yang agak tidak menyenangkan, saya tidak pernah merasa harus terlalu banyak mengasuhnya.

Menambahkan kasing ke Fold 3 juga memberikan cengkeraman ekstra yang sangat dibutuhkan dan beberapa perlindungan tambahan. Setelah menggunakan casing kulit pihak pertama yang disertakan Samsung dengan perangkat, saya merasa jauh lebih mudah untuk memegangnya untuk game, browsing, dan hanya penggunaan umum sehari-hari. Opsi casing lain juga hadir dengan slot S Pen, tetapi itu tidak disertakan.

Tampilan dan multimedia Samsung Galaxy Z Fold 3

Tidak ada panel di Fold 3 yang gagal. Saat dilipat, layar penutup 6,2 inci memiliki resolusi 2268 x 832. Ini mendukung kecepatan refresh 120Hz seperti layar utama, yang tidak ada di Fold 2. Saya kebanyakan menggunakan layar sampul untuk mengambil foto dengan kamera belakang , menavigasi di Google Maps, menerima panggilan telepon, dan memeriksa notifikasi dengan cepat saat dalam perjalanan.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Samsung Galaxy Z Flip 4

Peningkatan kecepatan refresh membuat penggunaan layar sampul lebih halus dan lebih responsif, meskipun Anda terutama akan menggunakan layar utama untuk multimedia. Satu-satunya hal yang tidak didukung oleh layar penutup adalah S Pen, yang masuk akal karena layar penutupnya sempit dan sedikit lebih kecil dari layar utama. Jika Anda mencoba mengirim teks atau tweet di atasnya, keyboardnya sempit, dan sebagian besar waktu, saya mendapati diri saya membuka layar utama untuk melakukan sesuatu yang intensif.

Layar utama adalah tempat semua aksi berada. Saat ponsel dibuka, yang Anda dapatkan adalah layar 7,6 inci yang besar dan cerah dengan resolusi 2208 x 1768, yang menghasilkan 374 piksel per inci yang tajam. Ini AMOLED dan mendukung HDR10+, sehingga warnanya kaya, jenuh, dan memiliki warna hitam pekat dan pekat yang dikenal sebagai panel. Ponsel ini mencapai kecerahan puncak 1.200 nits, jadi saya tidak kesulitan menggunakannya selama hari musim panas yang cerah di taman. Baik layar penutup maupun layar utama memiliki visibilitas yang sangat baik di bawah sinar matahari langsung.

Menonton video, bermain game, dan menjelajah semuanya adalah suguhan di layar utama. Game seperti Genshin Impact dan Asphalt 9 tampak luar biasa pada layar 120Hz yang mulus dan jelas. Mereka juga mengisi layar dengan sempurna saat diluncurkan, tidak perlu penyesuaian. Peningkatan real estat layar sangat berguna di Genshin Impact karena lebih mudah menggunakan berbagai kontrol tanpa menghalangi bagian layar dengan jari saya.

Lipatannya ada dan terlihat, tetapi mudah diabaikan saat ada konten di layar. Satu-satunya saat saya benar-benar menyadarinya adalah ketika layar mati dan cahaya memantul di layar kosong. Hal yang sama berlaku untuk Kamera Tampilan Bawah (UDC). Meskipun ada kisi-kisi piksel yang terlihat, terutama pada latar belakang putih, mudah untuk dilupakan, dan itu jauh lebih tidak mengganggu daripada kamera pelubang dalam hal menarik perhatian Anda ke sana.

Di bawah Tampilan Kamera di Galaxy Z Fold 3
Andy Boxall/Digitaltrends.com

Bermain game di ponsel ini adalah kesenangan mutlak yang ditingkatkan dengan audionya. Saya jarang memiliki perasaan yang kuat untuk speaker ponsel karena cenderung terkena atau meleset, jadi saya terpesona oleh suara kuat dari speaker stereo Fold 3. Mereka berada di bagian atas dan bawah panel yang mencakup layar penutup ponsel, jadi saat Anda membalik ponsel dalam mode lanskap untuk game dan video, Anda dapat memegangnya sehingga tangan Anda tidak menutupi speaker.

Hasilnya adalah suara yang kaya yang seimbang dengan baik di semua nada rendah, menengah, dan tinggi. Ini sangat keras tanpa nyaring, dan saya tidak pernah merasa perlu untuk meraih headphone saya, yang lebih dari yang dapat Anda katakan tentang kebanyakan speaker telepon. Ini tidak akan cocok dengan speaker quad pada tablet Samsung sendiri seperti S7 dan S7+, tetapi masih bisa bertahan.

Tidak semuanya sempurna di luar kotak. Saya tidak bisa menghindari letterboxing di video YouTube, dan meskipun mungkin untuk menyesuaikan layar untuk memaksanya mengisi, itu akhirnya memotong konten di sepanjang sisi, jadi itu bukan solusi nyata. Terlepas dari masalah ini, saya masih terkejut bahwa sebagian besar aplikasi yang saya gunakan dioptimalkan untuk Fold 3 secara default atau dapat dipaksa untuk mengisi layar dengan mengaktifkannya di Labs (Netflix dan Instagram adalah penyebab utama).

Pembangkit tenaga produktivitas Samsung Galaxy Z Fold 3

Banyak nilai Fold 3 berasal dari real estat layar ekstra dan perangkat lunak Android 11 khusus yang mendukungnya. Anda dapat membuka beberapa aplikasi, menjalankannya secara berdampingan dalam tampilan terpisah, atau menjalankan hingga tiga aplikasi dalam jendela yang dapat diubah ukurannya. Peringatan yang adil: Banyak fitur ini dianggap eksperimental, dan Anda harus menggali Lab untuk mengaktifkannya, jadi jangan kaget jika itu tidak langsung berfungsi.

Setelah Anda menjalankannya, opsi penggunaan berlipat ganda. Dalam kasus saya, adalah mungkin untuk menonton video atau streaming langsung sambil mencatat atau menggunakan Google Maps untuk bernavigasi sambil tetap dapat mengirim SMS ke teman ketika saya akan tiba. Bahkan mungkin untuk menarik keyboard di satu setengah layar dan mengetikkan sesuatu ke Microsoft Word atau Google Docs, hampir seperti slider jadul.

Dengan penambahan Taskbar dan Edge Panel, Anda bisa mendapatkan sesuatu yang mendekati pengalaman desktop, memberi Anda akses ke aplikasi yang sering digunakan kapan pun Anda mau. Anda juga dapat menyematkannya bersama-sama dengan App Pair sehingga keduanya diluncurkan bersama dalam tampilan layar terpisah, seret dan lepas konten, serta pindahkan dan ubah ukuran jendela sesuka Anda. Ini sedekat mungkin dengan laptop seperti yang akan Anda dapatkan di telepon, dan karena mendukung Samsung DeX, Anda bisa mendapatkan pengalaman desktop yang sebenarnya dengan menghubungkan kabel atau nirkabel ke monitor, TV, dan laptop.

Anda juga dapat memilih perilaku aplikasi untuk layar sampul, memutuskan aplikasi mana yang diizinkan untuk terus ditampilkan saat layar utama ditutup. Saya mengaktifkannya untuk sebagian besar aplikasi, meskipun yang utama adalah Google Maps, karena saya bisa terus mendapatkan petunjuk arah setelah menutup layar utama. Ada juga mode Flex, di mana aplikasi dapat menyesuaikan diri saat Anda membengkokkan layar. Contoh yang baik adalah YouTube, di mana menekuk layar pada sudut untuk menahannya tegak menempatkan video Anda di bagian atas dan bagian komentar di bawah. Semua ini membantu membuat Fold 3 terasa seperti perangkat yang lebih mulus dengan perangkat lunak yang dirancang dan dioptimalkan untuk itu.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Google Pixel 6a

Potensi produktivitas ditingkatkan dengan menggunakan S Pen Fold Edition atau S Pen Pro. Sangat penting Anda hanya menggunakan salah satu dari opsi ini karena mereka memiliki ujung yang dapat ditarik ketika Anda menekan terlalu keras — model S Pen lainnya akan merusak layar. Meskipun tidak ada yang disertakan, saya menerima S Pen Fold dengan unit ulasan saya dan dapat menggunakannya untuk membuat catatan dan membuat sketsa. Saya bukan seorang seniman, tetapi bisa mengeluarkan S Pen dan dengan mulus menuliskan catatan, pengingat, atau daftar belanjaan dengan cepat sangat berguna. Itu memang membawa saya ke satu sisi negatifnya. Meskipun memiliki layar yang lebih besar untuk menggunakan S Pen itu fantastis, tidak ada tempat untuk menempatkannya setelah digunakan. Jadi, Anda harus memasukkannya ke dalam saku atau membeli kasing yang memiliki slot yang dapat menampungnya.

Potensi produktivitas ditingkatkan dengan menggunakan S Pen Fold Edition atau S Pen Pro.

Atau Anda dapat melakukan apa yang saya lakukan dan membawa Fold 3 ke acara pers untuk membuat catatan tetapi lupa S Pen di rumah. Itu terjadi lebih sering daripada yang saya akui, yang merupakan alasan utama saya tidak berpikir bahwa Fold 3 memberikan pengalaman yang sama seperti Note, bahkan jika itu jauh lebih baik dalam hal layar real estat. Mungkin begitu saya mendapatkan kotak Pena Lipat 3 S, saya akan merasa berbeda.

Performa dan perangkat keras Samsung Galaxy Z Fold 3

Di bawah tenda, Fold 3 memiliki perangkat keras yang cocok dengan ponsel unggulan terbaik di pasar. Ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 888 dan memiliki RAM 12GB dan penyimpanan 256GB/512GB. Tidak ada slot kartu microSD, yang mengecewakan, jadi jika Anda adalah pengguna bertenaga besar seperti saya, Anda akan menginginkan konfigurasi penyimpanan yang lebih besar.

Saya menjalankannya melalui beberapa tes benchmark, yang dapat Anda lihat di bawah, dan skornya sangat baik. Multitasking lancar dan responsif, tidak ada pelambatan atau crash aplikasi, dan, seperti yang disebutkan, itu menangani game yang menuntut seperti Genshin Impact dan Asphalt 9: Legends tanpa masalah. Dalam hal kinerja grafis, rata-rata 87{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} lebih baik daripada perangkat lain di pasar.

Tolak ukur:

  • Performa Kerja PCMark: 14.460
  • Daya Tahan Baterai PCMark: 9 jam, 20 menit
  • Geekbench (tunggal/multi-inti): 1.113/3.431
  • GFXBench Aztec: 19fps
  • 3DMark: 5.647

Meskipun semua ini bagus, Anda akan melihat satu spesifikasi yang tidak terlalu panas, dan itu adalah baterai 4.400mAh, yang sedikit lebih kecil daripada yang ada di Fold 2. Tes baterai PCMark mencatat waktu 9 jam, 20 jam. menit untuk menguras hingga 20{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57}, yang setara dengan lebih dari rata-rata hari kerja runtime. Saya biasanya harus mengisi ulang di malam hari untuk membuat saya terus berjalan. Sesi Genshin Impact selama satu jam dan beberapa penjelajahan dapat dengan mudah menghilangkan 20{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} dari biaya.

Sisi baiknya, ponsel ini mendukung pengisian kabel cepat 25 watt dan pengisian nirkabel cepat 11 watt, sehingga mudah untuk mengisi ulang dengan cepat dengan salah satu dari banyak dudukan dan adaptor pengisi daya Samsung Fast Wireless yang telah saya sebar di apartemen saya. Namun, ini tidak termasuk dalam kotak, jadi Anda harus membeli sendiri jika ingin memanfaatkan kecepatannya sepenuhnya.

Konektivitasnya sebaik yang Anda harapkan. Fold 3 mendukung 5G, Wi-Fi 6e, NFC, dan memiliki Bluetooth 5.2. Saya tidak kesulitan menerima dan melakukan panggilan, menjelajah di 5G di kota, dan menghubungkan ke aksesori seperti Galaxy Watch 4 dan headphone Bluetooth.

Kamera di setiap sisi Samsung Galaxy Z Fold 3

Kemampuan kamera tidak berubah dari Fold 2. Di bagian belakang, ponsel ini memiliki tiga kamera 12 megapiksel (MP): Satu sensor utama dengan optical image stabilization (OIS), satu telefoto untuk 2x optical zoom dan OIS, dan satu ultrawide untuk pemotretan 123 derajat. Ketiga kamera mengambil foto yang bagus. Gambar tajam, memiliki banyak detail, dan noise minimal. Seperti tipikal kamera Samsung, warna cenderung sedikit menonjol dalam hal saturasi, tapi saya suka tampilan itu.

Sensor belakang memiliki lebih banyak tantangan dalam pengaturan cahaya rendah, berawan, dan malam hari, tetapi masih cukup baik. Ada beberapa noise dengan bidikan detail dan terkadang buram, tetapi sebagian besar, semuanya terlihat jelas. Sensor ultrawide kehilangan beberapa kerenyahan dan kejelasan, terutama dalam cahaya rendah, dan lebih rentan terhadap kelembutan dan kebisingan, kemungkinan karena kurangnya OIS. Itu juga berlaku untuk S21 Ultra, jadi saya tidak akan menilai Fold 3 terlalu keras untuk itu.

Sebagai perbandingan bidikan dengan iPhone 12 Pro Max dan bahkan Samsung Galaxy S20 Ultra yang lebih lama, Fold 3 tersingkir. IPhone 12 Pro Max mengambil bidikan yang lebih andal, tajam, dan akurat warna, sedangkan S20 Ultra dan penerusnya, S21 Ultra, tidak dapat dikalahkan dalam hal kualitas gambar, terutama untuk bidikan telefoto dan ultrawide. Meskipun saya akan menyukai sistem kamera yang sebanding dengan S21 Ultra atau Note 20 Ultra, itu masih merupakan rangkaian sensor yang sangat bagus yang akan disukai kebanyakan orang.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Asus Zenfone 9

Kamera selfie 10MP di layar sampul juga cocok untuk selfie cepat dan menangani cukup baik dengan pencahayaan yang layak. Kamera UDC 4MP di layar utama tidak begitu kontras. Sebagian besar gambar yang saya jepret dengannya berlumpur, berpiksel, atau pudar, meskipun Samsung mencoba melakukan yang terbaik untuk membersihkan gambar dengan pasca-pemrosesan.

Pada bidikan perbandingan di atas, terlihat perbedaan antara sensor 4MP, sensor 10MP, dan kamera belakang 12MP untuk selfie. Yang terakhir adalah pilihan terbaik Anda jika kualitas yang Anda inginkan. Kamera UDC 4MP hanya lumayan untuk video chat atau jika Anda hanya membutuhkannya dalam keadaan darurat.

Harga dan ketersediaan Samsung Galaxy Z Fold 3

Fold 3 akan dikenakan biaya $1.800, yang merupakan $200 lebih murah dari biaya awal Fold 2. Masih ponsel mahal, jangan salah, tapi potongan harganya bikin perut lebih enteng. Ponsel ini akan tersedia di semua operator utama AS, termasuk AT&T, T-Mobile, dan Verizon, dengan berbagai paket cicilan dan penawaran yang tersedia. Ada juga beberapa opsi tukar tambah yang bagus jika Anda memiliki perangkat lama yang tersisa.

Kesimpulan

“Setelah tiga generasi peningkatan, Galaxy Z Fold 3 memiliki daya tahan, dukungan perangkat lunak, dan kemampuan produktivitas yang lebih baik.”

kelebihan

  • Peningkatan daya tahan layar dan waterproofing IPX8
  • Perangkat keras dan kemampuan yang kuat
  • Kamera belakang kokoh
  • Bagus untuk multitasking dan produktivitas

Kontra

  • Masih mahal
  • Daya tahan baterai lemah

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah perangkat lipat terbaik di pasaran dan peningkatan signifikan dibandingkan Fold 2 dalam hal daya tahan. Setelah tiga tahun penyempurnaan dan kemajuan, saya tidak ragu lagi untuk merekomendasikan ponsel ini kepada pengguna biasa. Ini menawarkan salah satu pengalaman bermain game terbaik yang pernah saya dapatkan di ponsel dan banyak nilai untuk multitasking dan produktivitas.

Ini menawarkan salah satu pengalaman bermain game terbaik yang pernah saya dapatkan di ponsel.

Meskipun demikian, ini belum sempurna, dengan ruang untuk peningkatan daya tahan baterai dan kinerja kamera. Itu juga masih mahal di $ 1.800, meskipun label harganya menjadi lebih cocok jika Anda menganggap Fold 3 sebagai pengganti potensial untuk ponsel, tablet, dan e-reader Anda. Dengan semua itu dalam pikiran, saya pikir jika Anda bersedia menghabiskan uang dan Anda tahu Anda akan menemukan nilai dari layar real estat, Fold 3 layak dibeli.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Tidak juga. Samsung mendominasi pasar yang dapat dilipat, tanpa ada pesaing lain yang terlihat, tentu saja tidak di AS. Pesaing terbesar untuk Fold 3 adalah Galaxy Z Flip 3 milik Samsung sendiri, tetapi ada beberapa perbedaan besar antara kedua perangkat yang dapat dilipat.

Sebagai permulaan, Flip 3 lebih kecil baik dalam dimensi maupun ukuran layar, hadir dengan layar 6,7 inci yang dapat dilipat dua. Tujuan dari Flip 3 adalah untuk mengurangi keseluruhan jejak ponsel di saku Anda dengan desain clamshell yang ringkas, daripada meningkatkan multitasking dan produktivitas. Ini melayani tujuan itu dengan baik, tetapi itu bukan pesaing nyata untuk Fold 3.

Ponsel lipat Samsung Galaxy.
src: Digitaltrends.com

Ada desas-desus tentang Pixel Fold di beberapa titik di masa depan, dan ada juga Mi Mix Fold dan Huawei Mate X2, tetapi keduanya tidak akan datang ke pasar di luar China. Baik Moto Razr maupun Surface Duo tidak dirilis ke banyak penghargaan, dan kami memiliki kekhawatiran yang signifikan dalam ulasan kami tentang mereka.

Di luar dunia perangkat lipat, jika keinginan utama Anda adalah layar besar dan spesifikasi unggulan, baik Galaxy S21 Ultra dan Note 20 Ultra memiliki perangkat keras yang kuat dan dukungan S Pen.

Berapa lama itu akan bertahan?

Samsung telah berupaya meningkatkan daya tahan Fold 3 dengan menambahkan ketahanan air IPX8, engsel yang lebih tahan lama dengan bulu penyapu, pelindung layar yang ditingkatkan untuk layar utama, tip yang dapat ditarik pada S Pen Fold dan Pro, dan Gorilla Glass Victus untuk layar penutup. Pasang kasing, dan Anda tidak perlu lagi mengasuh ponsel. Jika Anda sangat khawatir, Anda dapat berinvestasi di Samsung Care+ untuk perpanjangan garansi di luar garansi terbatas satu tahun dan perlindungan kerusakan yang tidak disengaja. Lipatannya mungkin menjadi lebih menonjol dari waktu ke waktu, tetapi saya berharap ponsel ini bertahan setidaknya dua tahun, jika tidak lebih lama.

Haruskah Anda membelinya?

Ya. Peningkatan pada Galaxy Z Fold 3 cukup besar sehingga saya merasa aman untuk merekomendasikannya kepada konsumen rata-rata yang bukan pengguna awal. Masih ada beberapa trade-off dengan kinerja baterai dan kamera, jadi jika Anda paling menghargai kedua hal tersebut, Anda mungkin lebih baik menggunakan S21 Ultra. Namun, untuk bermain game, multimedia, multitasking, dan produktivitas, Anda tidak akan melakukan yang lebih baik daripada Fold 3.

Sumber: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.