Spesifikasi & Harga HP Samsung Galaxy Z Flip 4

Samsung Galaxy Z Flip 4 adalah salah satu smartphone lipat terbaik yang dapat Anda beli pada tahun 2022. Secara bersamaan, itu juga salah satu yang paling membosankan dibandingkan pendahulunya. Ini adalah tempat yang menarik untuk ceruk yang dapat dilipat. Selama rentang waktu hanya tiga tahun, perangkat foldable telah berubah dari ceruk terobosan menjadi opsi smartphone “hanya” yang dapat Anda beli. Samsung, khususnya, telah menjadi sangat baik dalam formula lipat sehingga tidak perlu menemukan kembali roda setiap tahun. Itu hanya harus terus melakukan apa yang berhasil tahun sebelumnya.

Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 tahun ini mewujudkan hal ini dengan sempurna, tetapi ini sangat lazim dengan Flip. Dibandingkan dengan Flip 3, tidak banyak yang baru dengan Flip 4. Ini memiliki desain yang sedikit diubah, kamera yang sedikit lebih baik, chipset yang lebih baru, dan baterai yang sedikit lebih besar. Itu semua membuat telepon terdengar cukup membosankan di atas kertas. Namun, setelah menggunakan Galaxy Z Flip 4 sebagai driver harian saya selama beberapa hari terakhir, “membosankan” adalah kata terakhir yang saya gunakan untuk menggambarkannya.

Apakah Galaxy Z Flip 4 merupakan peningkatan substansial atas Flip 3? Tidak. Tapi apakah ini salah satu ponsel lipat terbaik yang bisa Anda beli hari ini? Sangat.

Desain Samsung Galaxy Z Flip 4

Bagian belakang Samsung Galaxy Z Flip 4.
Joe Maring/Digitaltrends.com

Jika Anda pernah melihat Galaxy Z Flip 3 sebelumnya, Anda akan betah dengan Galaxy Z Flip 4. Jika Anda belum pernah melihat Flip 3, Flip 4 pada dasarnya adalah konsep ulang dari ponsel flip untuk modern. zaman. Saat dibuka, Flip 4 terlihat seperti smartphone lainnya — memamerkan layar besar, potongan kamera berlubang di tengah, dan bezel tipis. Tapi keajaiban terjadi ketika Anda menutup Flip 4. Tutup telepon, dan mekanisme engselnya mengubahnya menjadi kotak kecil yang dapat Anda geser ke dalam saku paling rapat dan tas terkecil.

Samsung membuat beberapa perbaikan desain tahun ini, dimulai dengan estetika Flip 4. Panel kaca belakang memiliki lapisan matte yang lebih dingin dibandingkan dengan Flip 3, bingkai lebih rata, dan engsel yang menyatukan ponsel  sedikit  lebih kecil dari sebelumnya. Di atas kertas, perubahan ini terdengar seperti kacang. Namun dalam praktiknya, mereka mengambil desain Flip 3 yang sudah sangat baik dan membuatnya lebih baik. Panel kaca matte terasa mewah saat menyembunyikan sidik jari, bingkai datar memberi Z Flip 4 tampilan yang lebih khas, dan engsel baru — sama marginalnya — memberi Flip 4 jejak keseluruhan yang lebih kecil.

Samsung Galaxy Z Flip 4 berdiri terbalik di atas meja.
Joe Maring/Digitaltrends.com

Berbicara tentang engsel, rasanya sama kokoh dan andalnya seperti pada Flip 3. Seperti ponsel itu, Samsung mengatakan Z Flip 4 harus bertahan lebih dari 200.000 kali lipat selama masa pakainya — setara dengan sekitar 100 kali lipat per hari selama lima tahun. penggunaan. Meskipun saya belum dapat berbicara tentang bagaimana engsel akan terasa setelah satu atau dua tahun penggunaan konstan, itu menjadi juara selama beberapa hari pertama saya dengan telepon. Ini membuka dan menutup dengan lancar, meskipun dengan resistensi yang cukup sehingga tidak terasa tipis. Engselnya juga cukup kuat untuk disangga di hampir semua sudut, memungkinkan Anda untuk duduk dengan Z Flip 4 di atas meja dengan layar menghadap ke atas dan menghadap Anda — sempurna untuk menonton film hands-free, panggilan video, dll.

Sedangkan untuk ketahanan ponsel lainnya, panel kaca dan cover screen dilapisi Corning Gorilla Glass Victus, rangkanya merupakan racikan Armor Aluminium buatan Samsung, dan seluruh perangkat dilindungi dengan rating tahan air IPX8 (cukup untuk menenggelamkannya). di air tawar hingga 1,5 meter selama 30 menit). Masih belum ada ketahanan terhadap debu, tetapi untuk ponsel lipat, Galaxy Z Flip 4 cukup tahan lama.

Setelah beberapa hari digunakan secara teratur sebagai handset masuk saya, Galaxy Z Flip 4 telah bertahan sebaik ponsel non-lipat saya. Dari panel kaca, layar penutup, dan tampilan utama, semuanya tampak dalam kondisi prima. Dan itu tanpa mengasuh telepon sama sekali. Saya telah melemparkannya ke meja kedai kopi, menggunakannya saat gerimis ringan, dan (sering) membukanya dengan jentikan pergelangan tangan. Sama seperti pendahulunya, Z Flip 4 bukanlah ponsel yang harus Anda miliki.

Samsung Galaxy Z Flip4.
Empat warna utama untuk Z Flip 4 Andrew Martonik/Digitaltrends

Sama seperti saya menghargai daya tahan Flip 4, trik desain favorit saya adalah penekanannya pada gaya. Secara default, situs web Samsung dan pengecer pihak ketiga membawa ponsel dalam empat warna: Bora Purple, Blue, Pink Gold, dan Graphite. Bora Purple adalah warna yang dikirimkan Samsung kepada saya, dan menurut saya itu adalah warna favorit saya. Ini adalah warna lavender yang diredam yang khas tanpa mengganggu, dan sangat kontras dengan layar sampul hitam. Plus, terlihat fenomenal di sebelah Bora Purple Galaxy Buds 2 Pro.

Warna Samsung Galaxy Z Flip 4 Bespoke Edition.
Joe Maring/Digitaltrends.com

Tetapi jika tidak ada warna yang menarik perhatian Anda, situs web Samsung juga memungkinkan Anda mendesain Flip 4 menggunakan Bespoke Studio. Di sini, Samsung memungkinkan Anda memilih dan memilih warna yang tepat yang Anda inginkan untuk panel depan, panel belakang, dan bingkai Flip 4 – menghasilkan lebih dari 70 kemungkinan kombinasi. Ini tidak seperti apa pun yang tersedia saat ini di dunia smartphone dan bisa dibilang salah satu fitur terbaik Flip 4.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Amazon Fire HD 8 Plus (2022)

 Ini adalah beberapa hal paling menyenangkan yang saya alami dengan telepon sepanjang tahun.

Dan, tentu saja, ada faktor menyenangkan yang secara alami hadir dengan perangkat seperti Galaxy Z Flip 4. Ini bukan sesuatu yang dapat saya ukur dengan tolok ukur atau analisis teknis, tetapi saya dapat dengan yakin mengatakan bahwa ini adalah beberapa hal paling menyenangkan yang pernah saya lakukan. memiliki dengan telepon sepanjang tahun. Dari menutupnya setelah menggunakan aplikasi, menyandarkannya di meja untuk menonton video YouTube saat saya memasak makan malam, atau menerima panggilan telepon dengan ponsel yang sedikit ditekuk agar menyerupai handset masa lalu, ada begitu banyak kualitas unik tentang Flip 4 yang tidak bisa direplikasi pada rekan non-lipat. Itu mungkin tidak berarti apa-apa bagi sebagian orang, tetapi bagi saya, itu membuat penggunaan Z Flip 4 menjadi pengalaman yang saya nantikan setiap kali saya mengeluarkannya dari saku.

Layar Samsung Galaxy Z Flip 4

Samsung Galaxy Z Flip 4, terbuka dan menampilkan layar utama.
Joe Maring/Digitaltrends.com

Kami memiliki dua layar di Galaxy Z Flip 4 untuk dinilai, tetapi kami akan mulai dengan layar yang paling sering Anda gunakan. Saat dibuka, Z Flip 4 memanjakan Anda dengan panel Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci. Ini adalah layar dengan resolusi 2640 x 1080, dukungan HDR10+, kecerahan puncak 1.200 nits, dan kecepatan refresh variabel yang berskala hingga 120Hz dan hingga 1Hz.

Dalam praktiknya, layar pada Z Flip 4 terlihat luar biasa. Warna sangat cerah, sudut pandang sangat bagus, dan menjadi  sangat  cerah saat Anda membutuhkannya. Samsung flagships terkenal memiliki beberapa layar smartphone terbaik di pasaran, dan bahkan dengan bentuk yang dapat dilipat, Z Flip 4 tidak berbeda.

Lipatan pada Samsung Galaxy Z Flip 4.
Joe Maring/Digitaltrends

Tapi bagaimana dengan lipatannya? Setiap handset Z Flip memiliki lipatan yang terlihat di tengah layar di mana engselnya terlipat, dan meskipun ada perubahan pada engselnya, Z Flip 4 tidak berbeda – terlepas dari rumor yang beredar. Kerutan masih ada. Anda dapat melihatnya dengan jelas dalam kondisi pencahayaan tertentu, dan Anda akan merasakannya saat menggesekkan jari Anda di atasnya.

Tetapi setelah beberapa hari penggunaan, lipatan menjadi sesuatu yang tanpa sadar Anda abaikan (seperti takik pada iPhone). Saya masih melihatnya dengan sinar matahari langsung dan merasakannya saat menggulirkan Twitter, tapi itu bukan sesuatu yang menghalangi saya menggunakan Flip 4.

Layar penutup pada Samsung Galaxy Z Flip 4.
Joe Maring/Digitaltrends

Dan, tentu saja, kami memiliki layar sampul. Meskipun rumor Samsung memperbesar layar sampul Flip 4, itu adalah layar resolusi Super AMOLED 512 x 260 1,9 inci yang sama dengan yang kami miliki di Flip 3. Dan itu berarti fungsinya juga sebagian besar sama. Anda geser ke kanan untuk melihat notifikasi, geser ke atas untuk mengakses kartu di Samsung Wallet, geser ke bawah untuk menyesuaikan beberapa pengaturan cepat, dan geser ke kiri untuk melihat berbagai widget.

Untuk memeriksa pemberitahuan, mengirim balasan cepat ke pesan teks, melihat janji kalender yang akan datang, atau mengaktifkan adegan SmartThings, layar sampul pada Flip 4 sangat bagus. Ini juga berfungsi sebagai jendela bidik yang praktis, memungkinkan Anda mengambil foto/video diri sendiri dengan kamera utama dan ultrawide dan melihat apa yang ada dalam bidikan Anda. Tapi saya tidak bisa tidak berharap ada lebih banyak yang bisa saya lakukan.

Saya ingin dapat membalas pesan Telegram atau Microsoft Teams, menunjukkan kode QR/boarding pass yang disimpan di Samsung Wallet, melihat percakapan dari aplikasi perpesanan saya, dll. Mencoba mereplikasi layar beranda dan semua aplikasi Anda di 1.9 kanvas -inci akan menjadi ide yang buruk, dan Samsung berhak untuk tidak melakukan itu. Tetapi bahkan dengan real estat yang terbatas, saya pikir masih ada ruang untuk tumbuh di sini. Saya suka menggunakan layar sampul Flip 4 untuk interaksi cepat, dan saya ingin melihatnya berkembang sedikit lebih dari yang tersedia saat ini.

Performa Samsung Galaxy Z Flip 4

Samsung Galaxy Z Flip4.
Andrew Martonik/Digitaltrends

Jajaran Galaxy Z Flip tidak pernah memiliki masalah mengenai tenaga kuda internal. Z Flip asli mengenakan Snapdragon 855+, Z Flip 5G memiliki 865 5G+, dan Z Flip 3 dikirimkan dengan Snapdragon 888 — semua chip Qualcomm terbaik pada masanya. Galaxy Z Flip 4 tidak berbeda, hadir dengan Snapdragon 8+ Gen 1 terbaru dari Qualcomm.

Seperti yang telah kita lihat dari ponsel lain dengan 8+ Gen 1, Galaxy Z Flip 4 memiliki semua kinerja yang Anda harapkan. Aplikasi terbuka secara instan, menu bergulir dengan sempurna, dan game yang menuntut grafis seperti  Call of Duty: Bermain seluler  tanpa hambatan. Z Flip 4 dapat memanas selama tugas yang lebih menuntut (seperti sesi permainan yang lama atau beberapa jam penggunaan hotspot), tetapi tidak pernah sampai pada titik di mana tidak nyaman untuk dipegang. Untuk ponsel lipat ramping ini, itu cukup mengesankan.

Galaxy Z Flip 4 memiliki semua kinerja yang Anda harapkan.

Satu-satunya potensi iritasi adalah tersedianya RAM Z Flip 4. Sama seperti tahun lalu (dan tahun sebelumnya), Galaxy Z Flip 4 memiliki RAM 8GB untuk semua model penyimpanan. Ini cukup untuk menyulap beberapa aplikasi sekaligus, tetapi jika Anda ingin menjadi jagoan multitasking dengan selusin atau lebih aplikasi terbuka sekaligus, 8GB mungkin merupakan sentuhan yang terlalu membatasi. Dan jika Anda khawatir tentang multitasking, Anda mungkin lebih baik menggunakan faktor bentuk ponsel/tablet yang disediakan oleh Galaxy Z Fold 4.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Nokia X30 5G: tampilan biasa-biasa saja

Kamera Samsung Galaxy Z Flip 4

Foto close-up kamera pada Galaxy Z Flip 4.
Joe Maring/Digitaltrends

Selanjutnya, mari kita bicara kamera. Galaxy Z Flip 4 memiliki penawaran yang cukup mendasar di departemen ini — termasuk kamera utama 12MP, kamera ultrawide 12MP, dan kamera selfie 10MP. Itu semua adalah jumlah megapiksel yang sama dengan apa yang akan Anda temukan di Flip 3, tetapi Samsung mengatakan kamera utama pada Flip 4 65{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} lebih terang pada generasi ini.

Bagaimana itu diterjemahkan ke penggunaan di dunia nyata? Kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk  benar- benar  menempatkan sistem kamera Flip 4 melalui langkahnya, tetapi hasil awal yang kami lihat sejauh ini (kebanyakan) positif.

Dalam mode khas Samsung, foto langsung dari Galaxy Z Flip 4 sangat jenuh dengan warna besar dan cerah. Mereka tidak selalu yang paling nyata, tetapi mereka menarik dan siap untuk dibagikan di media sosial — tidak perlu diedit. Detail dari sensor utama 12MP terlihat sebagus yang Anda harapkan, dan bahkan memberi Anda efek bokeh alami dalam beberapa bidikan. Saat Anda menggunakan opsi pemotretan mode potret khusus, opsi ini tampaknya berfungsi cukup baik dengan manusia dan subjek lainnya. Dan berkat layar penutup di bagian depan Flip 4, Anda dapat dengan mudah mengambil selfie dengan kamera utama atau ultrawide, bukan dengan kamera selfie 10MP di layar utama.

Berbicara tentang kamera ultrawide, saya sangat senang dengan kinerjanya. Anda kehilangan beberapa detail halus yang seharusnya Anda dapatkan dengan sensor utama 12MP, tetapi bidang pandang 123 derajat nyaman, dan reproduksi warna sangat mirip dengan penembak utama.

Kami akan memperbarui ulasan ini dalam beberapa hari dengan lebih banyak sampel kamera dan pemikiran tambahan, tetapi untuk saat ini, ini adalah paket kamera yang dengan senang hati saya gunakan. Pesaing handset seperti iPhone 13 Pro dan Pixel 6 Pro lebih mampu, tetapi untuk fotografer kasual, Flip 4 memberikan hasil yang solid.

Daya tahan baterai dan pengisian daya

Samsung Galaxy Z Flip 4, setengah terbuka dan duduk di atas meja.
Joe Maring/Digitaltrends

Salah satu aspek terlemah dari Z Flip 3 — jika bukan  yang  terlemah — adalah masa pakai baterainya. Galaxy Z Flip 3 adalah ponsel satu hari yang terbaik dan sering kali mengharuskan Anda mencari pengisi daya sebelum hari berakhir. Mendengar keluhan baterai yang keras dan jelas, Samsung membuat beberapa perubahan penting dengan Z Flip 4. Selain chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang lebih hemat daya, Z Flip 4 juga dilengkapi dengan baterai sel ganda 3.700 mAh. , peningkatan 500 mAh dari unit 3.300 mAh pada pendahulunya.

Berita bagus? Daya tahan baterai di Galaxy Z Flip 4 jauh lebih baik daripada di Flip 3. Berita buruknya? Itu masih cukup baik untuk penggunaan satu hari penuh. Salah satu hari saya yang lebih baik dengan Flip 4 membuat saya mengakhiri hari pada pukul 22:53 dengan baterai 23{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} masih tersisa di tangki. Itu mengikuti 14 jam total waktu penggunaan dengan 3 jam 42 menit layar tepat waktu — termasuk lebih dari satu jam YouTube, 30+ menit menjelajah Twitter, 16 menit menggulir Reddit, sesi Duolingo 10 menit, dll. hari melihat telepon mencapai 14 jam dan 52 menit waktu penggunaan dengan 15{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} baterai tersisa. Itu setelah 2 jam dan 23 menit waktu layar yang terdiri dari panggilan video Tim 30+ menit, 30 menit Twitter, menelepon dan melacak perjalanan Lyft, dan sering menggunakan aplikasi Delta sambil melompat di beberapa penerbangan.

Anda dapat dengan lebih nyaman melewati satu hari penuh di Flip 4 daripada yang pernah Anda lakukan dengan Flip 3, tetapi satu hari penggunaan masih menjadi yang terbaik. Jika Anda membutuhkan ponsel untuk bertahan satu setengah atau dua hari per pengisian daya, Anda harus mengarahkan perhatian Anda ke perangkat seperti Asus ROG Phone 6 dan Zenfone 9.

 Anda dapat melewati hari penuh dengan lebih nyaman di Flip 4 daripada yang pernah Anda lakukan dengan Flip 3.

Juga ditingkatkan pada Galaxy Z Flip 4 adalah pengisian kabel. Di mana Flip 3 tahun lalu maksimal pada kecepatan pengisian kabel 15W, Flip 4 memutar segalanya hingga 25W. Ini jauh dari ponsel seperti OnePlus 10T yang memberikan pengisian daya hingga 150W, tetapi ini merupakan peningkatan yang disambut baik. Pengisian 10 menit membutuhkan Flip 4 dari 5 – 23{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} baterai, 25 menit membuat Anda dari 5 – 47{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57}, dan beralih dari 5{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} tersisa ke baterai 100{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} penuh membutuhkan waktu sekitar satu jam 16 menit. Dan jika Anda tidak terburu-buru, Galaxy Z Flip 4 juga mendukung pengisian nirkabel 10W (ditambah pengisian nirkabel terbalik 4,5W).

Perangkat lunak Samsung Galaxy Z Flip 4

Panel mode Flex pada Samsung Galaxy Z Flip 4.
Joe Maring/Digitaltrends

Galaxy Z Flip 4 dikirimkan dengan Android 12 dan antarmuka Samsung One UI 4.1.1 berlapis di atasnya. Ini juga didukung oleh janji pembaruan Samsung yang biasa, yang berarti Anda dapat mengharapkan empat pembaruan Android utama dan lima tahun patch keamanan.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Watch 5

Jika Anda telah menggunakan ponsel Samsung modern dalam beberapa tahun terakhir, Anda akan merasa nyaman dengan pengalaman perangkat lunak di Flip 4. Estetika One UI Samsung bukanlah favorit pribadi saya, tetapi antarmukanya cepat, lancar , dan membuat semuanya terasa tajam. Dan seperti halnya semua ponsel Samsung, ada banyak fitur/pengaturan untuk membuat Anda sibuk. Anda dapat mengubah pintasan yang muncul di layar kunci, mengaktifkan panel Edge untuk pintasan aplikasi praktis, menggunakan Tautan ke Windows untuk sinkronisasi perangkat yang mulus dengan PC Anda, menambahkan pintasan khusus untuk tombol daya, menjalankan aplikasi dalam tampilan berjendela di layar Anda, dll.

Selain rangkaian fitur Samsung yang biasa, ada juga beberapa trik eksklusif untuk faktor bentuk Z Flip — yang paling menonjol adalah “panel mode Flex.” Jika Anda mengaktifkan mode Flex untuk aplikasi dan membuka aplikasi itu dengan Z Flip 4 disangga tegak, aplikasi akan berpindah ke bagian atas layar dan membiarkan bagian bawah tersedia untuk berbagai kontrol. Dari bagian bawah layar, Anda dapat melihat panel notifikasi, mengambil tangkapan layar, mengubah kecerahan/volume, atau menggunakan bagian bawah layar sebagai trackpad untuk menavigasi aplikasi yang ditunjukkan di atas.

Panel mode Flex pada Samsung Galaxy Z Flip 4.
Joe Maring/ Digitaltrends

Tidak semua aplikasi memformat dengan baik dalam mode Flex, tetapi saya senang bahwa Samsung memungkinkan Anda mencobanya dengan aplikasi apa pun yang Anda miliki untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Plus, untuk aplikasi tertentu seperti YouTube dan aplikasi kamera, mereka akan secara otomatis menggeser elemen UI saat melipat setengah Flip 4. Fold 4 tetap menjadi perangkat lipat yang dapat digunakan oleh siapa saja yang mencoba memaksimalkan layar perangkat mereka secara nyata. real, tapi saya menghargai Samsung menempatkan alat ini sesuai keinginan Anda sehingga Anda benar-benar dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dengan desain unik Flip 4.

Harga Samsung Galaxy Z Flip 4

Samsung Galaxy Z Flip 4 mulai dari $ 1.000 di AS untuk model dasar dengan penyimpanan 128GB. Anda dapat meningkatkan ke 256GB atau 512GB jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, tetapi hal itu akan membuat Anda membayar $1.100 dan $1.220, masing-masing. Pre-order dibuka hingga 25 Agustus, dengan penjualan reguler dimulai pada 26 Agustus.

Namun, seperti yang sering terjadi pada ponsel Samsung, harga eceran bukanlah yang akan Anda bayar. Selama fase pre-order, Samsung menawarkan upgrade gratis dari 128GB ke 256GB tanpa biaya tambahan. Dan jika Anda memiliki ponsel lama untuk ditukar, kredit instan yang bisa Anda dapatkan dari Samsung sungguh luar biasa. AZ Flip 3 memberi Anda kredit $900, S21 FE bernilai $700, dan perdagangan S20 yang berusia dua tahun masih berupa diskon instan $400.

Kesimpulan

Seseorang memegang Galaxy Z Flip 4 tertutup.
Joe Maring/ Digitaltrends

“Galaxy Z Flip 4 mungkin bukan peningkatan yang revolusioner dari tahun ke tahun, tetapi ia berdiri tegak sebagai salah satu smartphone lipat terbaik yang dapat Anda beli pada tahun 2022. Lebih ramping, lebih cepat, dan lebih andal dari sebelumnya.”

kelebihan

  • Desain yang lebih datar terlihat dan terasa fantastis
  • Kustomisasi dipesan lebih dahulu tidak tertandingi
  • Tampilan utama yang luar biasa
  • Performa sangat cepat
  • Kamera yang bagus dan andal

Kontra

  • Baterai masih hanya bertahan sehari
  • Fungsionalitas layar sampul terbatas

Saya mengerti mengapa beberapa orang mengabaikan Galaxy Z Flip 4 sebagai ponsel “membosankan” tahun ini. Ini sama iteratifnya dengan pembaruan tahunan. Selain desain yang sedikit diubah, chip yang ditingkatkan, baterai yang lebih besar, dan pengisi daya yang lebih cepat, ini secara efektif adalah Z Flip yang sama yang dirilis Samsung tahun lalu. Tapi justru itulah mengapa Z Flip 4 bekerja dengan sangat baik.

Dari desain ‘lipat’ dan ‘flip’ yang tampaknya telah ditetapkan oleh industri, Galaxy Z Flip 4 adalah versi terbaik dari yang terakhir yang dapat Anda beli. Desain yang diperbarui terlihat dan terasa sebagus yang saya harapkan, engselnya terasa fantastis, prosesornya memiliki kekuatan lebih dari yang Anda butuhkan, dan tampilannya tampak luar biasa. Saya berharap Samsung dapat memperpanjang masa pakai baterai lebih lama dan benar-benar membawa layar penutup ke tingkat berikutnya, tetapi bahkan tanpa hal-hal itu, Z Flip 4 masih menyenangkan untuk digunakan.

Jika Anda menginginkan ponsel unggulan dengan kamera terdepan di industri, masa pakai baterai multi-hari, atau pengisian daya secepat kilat, ada banyak opsi lain yang dapat Anda pilih. Tetapi jika Anda baik-baik saja mengorbankan beberapa hal itu untuk desain yang tidak seperti yang lain, Galaxy Z Flip 4 adalah yang terbaik di kelasnya. Ini bukan ponsel yang paling mengesankan secara teknis di setiap kategori, tetapi ponsel ini bergaya, menggemaskan, dan menyenangkan dengan cara yang tidak akan pernah bisa ditandingi oleh smartphone slab tradisional. Dan area di mana Flip 3 berjuang — seperti masa pakai baterai dan pengisian daya — terasa lebih baik di Flip 4. Gabungkan pendekatan unik itu dengan eksekusi presisi di banyak kategori, dan Galaxy Z Flip 4 berdiri tegak sebagai salah satu smartphone favorit saya di tahun ini. Tidak peduli seberapa membosankan itu seharusnya.

Sumber: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *