Spesifikasi & Harga HP Asus ROG Phone 6 Pro

Jajaran Asus ROG Phone telah lama menjadi raja ponsel gaming. Ini secara teratur menghancurkan persaingan melalui kombinasi kinerja yang luar biasa, fitur game yang dipertimbangkan dengan baik, desain yang keren, dan aksesori yang dipertimbangkan dengan cermat. Tambahkan branding Republic of Gamers (ROG), dan sisanya tidak dapat melakukan apa pun kecuali meringkuk ketakutan.

ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro adalah yang terbaru dari Asus, dan kami telah menggunakan versi Pro selama beberapa minggu sekarang. Apakah itu satu lagi di barisan pemenang yang menghancurkan kompetisi?

Dua versi Asus ROG Phone 6 Pro

Asus telah membuat dua versi ROG Phone 6, ROG Phone 6 standar dan ROG Phone 6 Pro yang lebih bertenaga. ROG Phone 6 Pro telah diuji untuk ulasan ini, tetapi hanya ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Sebagai standar, ia memiliki RAM 18GB (ya, sungguh) dan ruang penyimpanan 512GB, sedangkan ROG Phone 6 biasa hadir dalam dua pilihan: model 12GB/256GB dan model 16GB/512GB.

Asus ROG Phone 6 Pro terlihat dari belakang.
Andy Boxall/Digitaltrends.com

ROG Phone 6 Pro hanya hadir dalam warna Storm White efek mutiara yang indah seperti yang terlihat di foto kami, ditambah lagi dengan layar OLED “ROG Vision” berwarna di bagian belakang ponsel, bukan tampilan bergaya dot matrix RGB sederhana di layar. ROG Phone 6 normal (yang hanya tersedia dalam warna hitam). Jika tidak, spesifikasinya sama secara keseluruhan, hingga kompatibilitas dengan berbagai aksesori Asus.

Anda akan membayar paling mahal untuk ROG Phone 6 Pro, dan meskipun sepertinya Anda tidak akan pernah benar-benar membutuhkan (atau bahkan memperhatikan) perbedaan antara RAM 12GB, 16GB, dan 18GB, mendapatkan penyimpanan internal sebanyak yang Anda mampu adalah selalu bermanfaat. Namun, ROG Phone 6 dan 6 Pro keduanya memiliki ruang untuk slot kartu microSD juga. Itu benar-benar meninggalkan layar ROG Vision berwarna dan lapisan putih khusus sebagai motivasi untuk membelinya di atas versi normal.

Itu akan tergantung pada Anda dan anggaran Anda apakah Anda pikir itu sepadan, tetapi tidak membuat telepon lebih fungsional daripada model yang lebih murah.

Desain Asus ROG Phone 6 Pro

ROG Phone 6 Pro adalah smartphone gaming dan tidak menyembunyikan fakta sama sekali. Ini lebih tinggi dari Samsung Galaxy S22 Ultra dan bahkan lebih tebal dan lebih berat pada 10.3mm dan 239 gram. Jangan salah, jika Anda akan membawa ROG Phone 6 Pro seharian penuh, memang butuh usaha. Ini akan membebani Anda di saku Anda, dan mengambil banyak ruang di tas Anda. Ukuran dan beratnya berarti Anda harus berkompromi dengan penggunaan smartphone yang lebih tipis dan lebih ringan.

Layar Asus ROG Phone 6 Pro.
Andy Boxall/ Digitaltrends.com

Bagian depan adalah semua layar, sedangkan di bagian belakang — pada model Pro, setidaknya — Anda mendapatkan layar OLED ROG Vision 2 inci. Dengan X Mode aktif, Anda dapat mengatur layar untuk menampilkan animasi yang berbeda, seperti menampilkan kata-kata “Game Start!” ketika Anda, yah, mulai bermain game. Di luar waktu tersebut, ini menunjukkan saat Anda menerima panggilan masuk, ikon notifikasi, saat ponsel sedang diisi daya, dan sebagainya. Ini sama menariknya dengan gimmicks, tapi saya tidak membencinya. Persis seperti kegilaan yang saya inginkan pada ponsel gaming. Pada ROG Phone 6 Pro, logo “Dare to Play” di atas layar juga menyala saat X Mode aktif.

Berani dan kurang ajar, ROG Phone 6 bukan untuk mengecilkan violet. Ukuran dan beratnya sepadan dengan kemampuannya, dan di situlah kesediaan Anda untuk berkompromi perlu masuk selama pertimbangan apakah akan membelinya atau tidak. Tidak, itu tidak akan hilang di saku Anda, dan jika Anda menjatuhkannya, ada banyak beban di belakangnya yang siap untuk memecahkan layar. Tetapi jika Anda serius bermain game seluler di mesin yang sangat mumpuni, ada baiknya Anda menerima semua ini.

Layar dan kinerja Asus ROG Phone 6 Pro

ROG Phone 6 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 dan layar AMOLED 6,78 inci yang dibuat khusus untuk ponsel oleh Samsung — lengkap dengan kecepatan refresh 165Hz yang dinamis dan kecepatan pengambilan sampel sentuh 720Hz yang mengesankan. Kami telah meninjau model Pro, jadi kami juga menikmati RAM 18GB. Layar ROG Phone 6 Pro sangat cantik — cepat, penuh warna, dan sangat cerah — dan kekuatan yang dihasilkan oleh Snapdragon 8+ Gen 1 sangat besar. Asus juga telah merancang sistem pendingin internal cerdas yang mengesankan untuk memastikan ponsel tidak terlalu panas, bahkan saat bermain game top selama berjam-jam. Ini adalah smartphone flagship sejati.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Nokia X30 5G: tampilan biasa-biasa saja

Selama penggunaan normal, Anda mungkin tidak akan pernah menginginkan kekuatan lebih dari yang diberikannya, atau bahkan hampir mendorongnya dengan keras. Dengan mudah mengabaikan tugas telepon biasa, menahan sinyal 4G/5G/Wi-Fi tanpa masalah, dan layar langsung bereaksi terhadap sentuhan Anda. Sensor sidik jari di bawah layar luar biasa, dan ada sistem buka kunci wajah yang sama cepatnya. Plus, motor haptic 130Hz yang baru halus dan presisi. Ini mungkin ponsel gaming, tetapi juga ponsel sehari-hari yang sangat mumpuni.

Layarnya indah. Kecepatan refresh adaptif bergeser antara pengaturan 60Hz terendah hingga maksimum 165Hz untuk memaksimalkan penggunaan baterai sambil memastikan apa yang ada di layar ditampilkan dengan kecepatan paling halus. Bermain game atau menonton video, penuh dengan getaran dan warna, dengan kontras yang sangat baik dan tingkat kecerahan yang tinggi. Saya tidak punya masalah menggunakannya di luar di bawah sinar matahari. Ini adalah layar yang indah, tetapi ketika saya meletakkannya di samping layar 144Hz ROG Phone 5, saya kesulitan untuk melihat perbedaan di antara keduanya.

Jarang ada speaker dan suara di ponsel yang lebih dari rata-rata, tetapi ROG Phone 6 selangkah lebih maju. Audionya sangat bagus. Ponsel ini menggunakan dua driver 12 x 16mm dengan penyetelan oleh Dirac (perusahaan yang juga dipasangkan dengan Asus pada ROG Phone 5). Suaranya hidup dan hidup, dan panggung suara (ya, memang ada) dikelola dengan hati-hati untuk memberikan pemisahan stereo yang luar biasa saat Anda melihat ponsel secara langsung. Bahkan ada EQ, jack headphone 3.5mm, Snapdragon Sound, AptX Adaptive, dan AptX Lossless untuk pengalaman audio yang luar biasa.

Gaming pada Asus ROG Phone 6 Pro

ROG Phone 6 Pro dibuat untuk para gamer seluler yang menuntut, berdedikasi, dan berkomitmen serius untuk memainkan game favorit mereka. Jika Anda tidak bermain game, ponsel ini bukan untuk Anda. Saya telah menghabiskan tiga minggu bermain game di ROG Phone 6 Pro dan masih belum merasakan apa yang sebenarnya bisa dilakukan.

Mode Game Genie Asus ROG Phone 6.
Mode Game Genie Andy Boxall/Digitaltrends.com

Dalam satu sesi dua jam, saya memainkan satu jam Diablo Immortal, dan masing-masing 30 menit dari Asphalt 9: Legends dan Dariusburst . Diablo Immortal bermain pada 60 fps, seperti halnya Asphalt 9: Legends.  Dengan semua opsi grafis yang ditingkatkan secara maksimal, telepon hanya menjadi sedikit hangat saat disentuh. Sistem pendingin tiga tingkat yang diperbarui di dalam ROG Phone 6 Pro — lembaran grafit yang lebih besar, senyawa termal baru untuk mengisi ruang di mana udara biasanya terperangkap, dan ruang uap yang lebih besar — ​​mencegahnya menjadi terlalu panas setiap saat.

Di Diablo Immortal , saya menggunakan AirTriggers yang dipasang di bahu. Ini bertindak sebagai tombol sensitif sentuhan yang dapat dipetakan terutama untuk digunakan dalam game, tetapi dapat digunakan untuk fungsi telepon umum seperti memanggil Google Assistant. Dalam permainan, mereka benar-benar dapat meningkatkan kinerja Anda. Misalnya, di Diablo Immortal, menggunakannya dapat membuat Anda lebih mematikan, karena Anda dapat menggunakan lebih dari satu senjata sekaligus. Umpan balik haptic sangat efektif sehingga menggunakannya terasa seperti menekan tombol fisik yang sebenarnya. Perangkat lunak ini memudahkan untuk mengatur tombol bahu, tetapi jumlah penyesuaian — ada sembilan opsi kontrol gerakan yang berbeda, termasuk sistem ketuk, geser, partisi ganda, dan ketuk dan geser — berbatasan dengan fitur yang berlebihan.

Memegang Foto yang diambil dengan Asus ROG Phone 6 Pro dengan AeroCooler Active 6.
AeroActive Cooler 6 Andy Boxall/Digitaltrends.com

Memainkan Daruisburst sepanjang jalan menyebabkan ponsel tidak ada masalah sama sekali, dan Asphalt 9: Legends super mulus dan sangat cepat. Memainkan game apa pun di ponsel berspesifikasi tinggi sepertinya selalu membuatnya lebih menarik, karena Anda tidak pernah dihapus dari aksinya oleh gangguan grafis atau penurunan kecepatan bingkai. Layar ROG Phone 6 yang luar biasa, kontrol bahu, manajemen panas, dan sentuhan sentuhan meningkatkan kenikmatan lebih jauh.

Saya beralih antara Mode X yang meningkatkan kinerja ponsel dan mode Dinamis, yang menyeimbangkan kinerja dan masa pakai baterai, tetapi tidak dapat melihat perbedaan yang jelas di antara keduanya. Sesi permainan dua jam menghabiskan sekitar 20{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} baterai, angka yang tetap stabil selama tiga minggu terakhir menggunakan ROG Phone 6 Pro.

Asus ROG Phone 6 Pro dengan pengontrol Kunai 3 terpasang.
Kunai 3 Andy Boxall/ Digitaltrends.com

Apa pun game yang Anda mainkan, semuanya terlihat dan berkinerja terbaik di ROG Phone 6 Pro. Namun, jika ide Anda untuk bermain game di ponsel Anda adalah beberapa putaran di Asphalt , sedikit Wordle , dan Pokémon Go di akhir pekan jika Anda punya waktu, ROG Phone 6 Pro benar-benar berlebihan. Kecuali jika Anda memainkan game terbesar dan paling haus kekuasaan — Genshin Impact , Diablo Immortal , atau Fortnite, misalnya — secara teratur dan untuk waktu yang lama, Anda tidak akan melihat banyak perbedaan antara itu dan ponsel spesifikasi tinggi lainnya yang dibuat ulang. beberapa tahun terakhir.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga HP Oppo Reno 8 Pro

Aksesoris Asus ROG Phone 6 Pro

Anda dapat meningkatkan kemampuan bermain game ROG Phone 6 Pro dengan dua aksesori, Kunai Controller 3 dan AeroActive Cooler 6, dan keduanya dibeli secara terpisah dari ponsel.

AeroActive Cooler 6 sangat besar dibandingkan dengan versi sebelumnya, karena sekarang memiliki empat tombol fisik dan desain baru dengan lebih banyak lampu dan sirip daripada Chevy 50-an khusus. Ini didukung oleh ROG Phone 6 itu sendiri atau melalui koneksi USB Type-C-nya sendiri, tetapi ini tidak diperlukan kecuali jika berfungsi pada kapasitas maksimum. Kipasnya cukup kuat bahkan untuk mendinginkan jari Anda saat melingkari ponsel.

Peningkatan ukuran ini menimbulkan kerugian ergonomis, karena menambah bobot dan bobot lebih lanjut ke ponsel yang sudah besar dan berat, yang pada gilirannya mengganggu keseimbangan. Ini mendinginkan ROG Phone 6 secara efektif, dan dudukan internal cukup praktis, tetapi saya tidak yakin berapa lama saya ingin bermain dengan benda yang menempel di bagian belakang telepon. Plus, hanya pemain paling hardcore dari game seluler paling kompleks yang akan merasa perlu untuk memetakan lebih banyak tombol.

Ini terlihat sedikit seperti pengontrol Nintendo Switch dan dapat digunakan secara terpisah atau dilampirkan ke kasing kerangka untuk telepon itu sendiri. Memainkan Diablo Immortal dengan pengontrol Kunai 3 dalam casing dan mengapit layar, game ini benar-benar menjadi hidup. Menetapkan kunci ke kontrol di layar agak rumit, tetapi setelah Anda selesai, pengontrol Kunai mengubah cara Diablo Immortal bermain. Tidak ada jeda, joysticknya presisi, dan meskipun berat ponsel, pengontrol, dan kasingnya digabungkan, itu tidak melelahkan.

Jika Anda ingin mendapatkan satu aksesori game untuk ROG Phone 6, jadikan itu sebagai pengontrol Kunai 3.

Software

ROG Phone 6 Pro menjalankan Android 12. Muncul dengan pilihan untuk menggunakan antarmuka bertema standar seperti Pixel, atau antarmuka bertema “permainan” yang terinspirasi sci-fi dan mencolok dari Asus. Gunakan opsi normal, dan itu bersih dan sederhana, sementara mode permainan penuh dengan kebisingan dan animasi. Jika Anda menyukai hal semacam itu tidak apa-apa, tapi saya sangat bersyukur ada pilihan untuk tidak menggunakannya.

Asus telah mengerjakan ulang pengoptimal kinerja game Armory Crate, Game Genie memiliki opsi penyesuaian baru, dan X Mode kembali untuk memastikan game dapat menggunakan semua kinerja ponsel. Ada banyak mode dan pengaturan yang dapat digali oleh para gamer, termasuk kemampuan untuk mengatur ROG Phone 6 secara berbeda untuk setiap game, mengubah apa yang ditampilkan layar belakang saat bermain, dan memetakan semua kontrol yang berbeda. Butuh waktu untuk melakukan semua ini, tetapi jika Anda sering memainkan satu permainan, dan menyukai sesuatu dengan cara tertentu saat Anda melakukannya, itu akan terbayar dalam jangka panjang.

Saya telah menggunakan ROG Phone 6 Pro dengan antarmuka ZenUI normal Asus, karena tampilan yang berfokus pada game terlalu bergaya dan secara visual over-the-top untuk selera saya. ZenUI diberi nama yang tepat, karena bebas rewel dan andal, dan gangguan jarang terjadi. Perangkat lunak ini tidak dibebani dengan aplikasi duplikat atau tidak perlu, hanya ada sedikit aplikasi promo yang sudah diinstal sebelumnya, dan, mungkin agak mengejutkan, tidak ada aplikasi game yang mengikat yang mencoba membuat Anda memainkan sesuatu yang tidak Anda minati.

Kompetisi utama ROG Phone 6 berasal dari Xiaomi dan ZTE, di bawah nama merek Black Shark, Poco, dan RedMagic, dan perangkat lunak yang banyak dimodifikasi yang diinstal pada masing-masing biasanya merupakan salah satu kelemahan terbesar. Perangkat lunak ROG Phone 6 lebih halus, lebih licin, jauh lebih matang, dan jauh lebih bermanfaat. Ini adalah salah satu aspek terbaik dari ponsel.

Baterai

Baterai sel ganda 6.000 mAh yang sangat besar telah disematkan di dalam ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro, dan itu benar-benar menghasilkan barang. Saat Anda tidak bermain game, ia memiliki daya yang cukup untuk penggunaan tiga hari dengan sekitar dua hingga tiga jam waktu layar per hari, asalkan Anda mematikannya dalam semalam. Ini tak terkalahkan dalam hal ini. Saat Anda bermain game, perkirakan baterai akan turun sekitar 20{8167bcd3fe8c3e48e1da2f52a0153ff46597e662f5689096ca89ac1d7762de57} per jam jika Anda memainkan game yang menuntut.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Amazon Fire HD 8 Plus (2022)

Tidak ada pengisian nirkabel, tetapi dua opsi pengisian kabel. Ada port USB Type-C di bagian bawah ponsel, dan satu lagi di sisi ponsel. Port ini telah ditempatkan sehingga tidak mengganggu keseimbangan perangkat jika Anda bermain dan mengisi daya dalam orientasi lanskap. Ada opsi untuk hanya memberi daya pada ponsel melalui port ini, daripada mengisi daya baterai, untuk memastikan suhu tidak terlalu tinggi. Port yang sama juga berfungsi sebagai HDMI-out.

Pengisian daya dengan kabel diberi nilai 65W, dan menggunakan pengisi daya yang disertakan, dibutuhkan sekitar 40 hingga 45 menit untuk mengisi daya baterai dari beberapa persen hingga penuh, yang sangat baik mengingat ukuran sel yang diisi dengan energi.

Kamera Asus ROG Phone 6 Pro

Di dalam modul kamera sudut yang sedikit terangkat di bagian belakang ROG Phone 6 Pro terdapat kamera Sony IMX766 50 megapiksel, kamera sudut lebar 13MP, dan kamera makro 5MP. Hanya sensor Sony yang baru. Kalau tidak, kameranya sama dengan yang dipasang pada ROG Phone 5. Ingat, ini tidak untuk mengambil Galaxy S22 Ultra atau iPhone 13 Pro, jadi tidak ada zoom periskop atau mode video mewah, tapi masih masuk akal. mengharapkannya untuk mengambil foto yang solid. Untungnya, itulah yang Anda dapatkan dengan ROG Phone 6 Pro.

Sangat mudah untuk memilih foto ROG Phone 6 Pro secara terpisah. Ada derau yang terlihat, warna sering kali terlalu jenuh, langit dapat terlihat berlumpur jika pencahayaannya salah, dan tidak baik jika Anda mencoba mengambil foto dari dekat untuk memperkenalkan beberapa keburaman latar belakang yang menarik. Namun, foto-foto tersebut dapat diterima dengan baik jika Anda hanya mengambilnya untuk bersenang-senang, mode Malam memiliki tingkat detail yang baik dan mempertahankan warna dengan baik, ditambah kamera selfie yang tajam dan alami.

Harga dan ketersediaan Asus ROG Phone 6 Pro

Asus ROG Phone 6 akan datang ke AS tetapi di beberapa titik nanti pada tahun 2022, tanpa tanggal rilis tetap yang tersedia. Di Inggris dan Eropa, telepon tersedia untuk pre-order sekarang. Ada tiga model:

12GB RAM/256GB ROG Phone 6 : 899 British pound atau sekitar $1.076.

16GB RAM/512GB ROG Phone 6 : 999 British pound atau sekitar $1.195.

18GB RAM/512GB ROG Phone 6 Pro : 1.099 poundsterling Inggris atau sekitar $1.315.

Harapkan harga akhir AS lebih rendah daripada konversi di atas, dengan kemungkinan harga awal $999, berdasarkan biaya awal ROG Phone 5.

Kesimpulan

Harga: $1,075

“Asus ROG Phone 6 Pro sangat kuat dan dirancang dengan cerdas secara keseluruhan, siap untuk menarik para gamer yang ingin bermain lebih keras dan lebih baik, lebih lama.”

kelebihan

  • Sangat kuat
  • Tombol bahu serbaguna
  • Perangkat lunak yang bersih dan cepat
  • Layar cerah dan besar
  • Audio yang terdengar bagus
  • Aksesori gamepad Kunai 3

Kontra

  • Besar dan berat
  • Tidak memiliki daya tarik yang luas
  • Kamera rata-rata

Tidak ada ponsel gaming yang lebih baik yang tersedia saat ini. ROG Phone 6 Pro memiliki kemampuan yang luar biasa, dan pengetahuan Asus tentang apa yang membuat perangkat game hebat bersinar dalam setiap aspek, mulai dari layar yang memukau dan tombol bahu yang disetel dengan ahli, hingga port USB yang dipasang di samping, sistem pendingin yang ditingkatkan, dan aksesori gamepad Kunai 3 yang brilian.

Tetapi pada saat yang sama, Asus tidak melupakan ROG Phone 6 Pro yang masih perlu berfungsi sebagai ponsel biasa. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk tugas sehari-hari, kamera dapat diterima, dan fitur dasar ponsel cerdas seperti masa pakai baterai yang lama, ditambah kinerja panggilan dan konektivitas yang baik, semuanya juga ada di sana.

Apa yang tidak dimiliki oleh ROG Phone 6 Pro adalah langkah maju yang besar dibandingkan ROG Phone 5 atau ROG Phone 5S, dan juga bukan keunggulan seperti ponsel unggulan mahal lainnya. Ya, ini berfungsi sebagai telepon biasa, tetapi Anda harus tahan dengan ukuran, berat, dan desainnya yang mencolok. Muncul dengan wilayah untuk gamer tetapi kurang enak jika Anda hanya bermain game dengan santai. Ini bukan kritik atau kerugian, meskipun. ROG Phone 6 tahu apa itu dan akan menarik sebagian besar audiens targetnya, yang akan senang memiliki dan menggunakan ponsel super gaming yang sangat kuat ini.

Sumber: Digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *