Apa itu aplikasi Google Home dan bagaimana cara menggunakannya

Edgar Cervantes / Androidauthority.com

Aplikasi Google Home adalah salah satu alat paling efektif untuk mengelola rumah pintar Anda. Mengingat meningkatnya adopsi perangkat rumah pintar dan prevalensi Google di ruang itu, aplikasi ini semakin menjadi salah satu hub untuk mengendalikan semua aspek teknologi dalam negeri.

Tapi apa itu aplikasi Google Home, bagaimana cara kerjanya, dan apa yang bisa Anda lakukan dengannya? Kami telah menjawab semua pertanyaan ini dalam panduan praktis ini.

Apa itu aplikasi Google Home, dan bagaimana cara kerjanya?

Stok foto aplikasi Google Home 9

Edgar Cervantes / Androidauthority.com

Aplikasi Google Home adalah pusat kendali untuk semua perangkat smart home Anda. Meskipun dimulai sebagai aplikasi hanya untuk mengoperasikan perangkat rumah pintar dari Google, seperti Google Home atau Google Nest Hub, itu telah berkembang untuk mengintegrasikan perangkat rumah pintar apa pun yang kompatibel, baik bermerek Google atau pihak ketiga.

Lihat juga: Perangkat rumah pintar terbaik yang dapat Anda beli

Mungkin membantu untuk menganggapnya seperti versi Asisten Google yang diaktifkan dengan sentuhan karena menempatkan setiap perangkat rumah pintar terintegrasi di bawah perintah Anda. Memang, itu dan asisten suara bisa digunakan secara bergantian. Perangkat apa pun yang menawarkan kompatibilitas dengan Google Assistant juga dapat dikontrol melalui Google Home.

Setelah memiliki aplikasi Google Home, Anda dapat menggunakannya untuk menyiapkan perangkat smart home dan menyambungkannya ke jaringan Wi-Fi. Anda juga dapat mengintegrasikan perangkat lain yang kompatibel dan mengontrol semuanya melalui Google Home, menciptakan satu ekosistem rumah pintar yang mulus.

Baca Juga  Cara menonton Apple TV Plus di Roku

Apa yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi Google Home?

aplikasi GH di Pixel Watch

Rita El Khoury / Androidauthority.com

Ada lusinan jenis perangkat yang dapat dikontrol oleh aplikasi, dan masing-masing memiliki berbagai fungsi yang dapat dilakukan dari jarak jauh. Ini menambahkan hingga ratusan tindakan yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi. Mencantumkan fungsi tersebut tidak akan ada habisnya, tetapi kami telah merangkum fitur aplikasi yang dapat Anda jelajahi.

Fitur aplikasi Google Home

Berikut ini ikhtisar fitur umum yang ditawarkan aplikasi Google Home:

  • Siapkan perangkat Google — Dari Google Nest Mini hingga router Google Nest Wi-Fi Anda, Google Home adalah aplikasi yang Anda gunakan untuk mengonfigurasinya saat pertama kali menyiapkannya.
  • Mengontrol dan mengelola perangkat yang kompatibel — Ribuan perangkat rumah pintar dari berbagai merek kompatibel dengan Asisten Google. Aplikasi Google Home dapat mendeteksi jenis perangkatnya dan memberi Anda sarana untuk mengontrolnya dalam aplikasi atau dengan suara Anda. Tindakan populer termasuk menyesuaikan termostat, melakukan panggilan, mengubah musik, dan banyak lagi.
  • Tindakan cepat — Ini membuat pengontrolan perangkat Anda lebih mudah melalui pintasan di aplikasi. Ini bisa berupa tautan ke umpan kamera Anda atau akses ke termostat cerdas Anda. Anda juga dapat mengatur rutinitas untuk beberapa perangkat, seperti menyalakan beberapa lampu pada waktu yang dijadwalkan di malam hari.
  • Perangkat grup — Perangkat Anda dapat diatur ke dalam grup. Ini bisa berupa rangkaian speaker yang terhubung, atau bisa juga setiap perangkat pintar dalam satu ruangan.
  • Lansiran dan pemberitahuan — Aplikasi ini memiliki umpan pemberitahuan tentang aktivitas dan pengingat penting perangkat.
  • Sesuaikan pengaturan — Temukan dan kelola pengaturan untuk semua perangkat, layanan, dan anggota rumah Anda.
Baca Juga  Cara mengimpor dan mengekspor bookmark dari Firefox

Fitur baru

Selain fitur-fitur biasa di atas, aplikasi Google Home baru-baru ini mengalami perubahan untuk memasukkan beberapa tambahan baru. Anda sudah dapat mempratinjau versi aplikasi ini dengan fitur-fitur baru ini, beberapa di antaranya adalah:

  • Spasi — Dengan cepat melihat dan mengontrol grup perangkat serupa seperti lampu, kamera, dan termostat yang kompatibel.
  • Pemutar media mini — Berada di posisi yang lebih baik untuk menyesuaikan pengaturan pada pemutaran video di rumah Anda dengan benar-benar melihat apa yang ada di layar melalui aplikasi.
  • Otomatisasi — Melampaui rutinitas dan bangun otomatisasi Anda sendiri, seperti satu perangkat rumah pintar yang mendeteksi gerakan dan memicu aktivasi perangkat lain.

Aplikasi Google Home tersedia di ponsel atau tablet Anda seperti aplikasi apa pun. Baru-baru ini juga menjadi opsi pada Pixel Watch dan perangkat Wear OS 3 lainnya.

Cara menyiapkan dan menggunakan aplikasi Google Home

Stok foto aplikasi Google Home 7

Edgar Cervantes / Androidauthority.com

Sekali lagi, panduan untuk menggunakan setiap perangkat yang kompatibel melalui aplikasi Google Home tidak akan ada habisnya. Tetapi langkah-langkah sederhana ini dapat membuat Anda siap dan mengeluarkan potensi penuh dari rumah pintar Anda.

Anda memerlukan aplikasi Google Home untuk memulai, dan aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS. Ini mungkin sudah ada di perangkat Android Anda, tetapi bagaimanapun juga, Anda dapat mengunduhnya dari Mainkan Toko atau Toko aplikasi.

Buka aplikasi dan Anda akan melihat layar beranda. Ketuk Memulai di pojok kanan bawah.

Di layar berikutnya, pilih akun email yang ingin Anda kaitkan dengan aplikasi.

Anda kemudian akan dibawa kembali ke layar beranda, dengan opsi untuk layanan tautan terkait dengan akun email yang baru saja Anda pilih. Ini bisa jadi akun Netflix atau Spotify Anda, misalnya.

Baca Juga  Cara membuatnya dan berlatih seperti yang terbaik

Untuk menyiapkan rumah baru, cara tercepat adalah dengan mengetuk Memulai opsi, yang sekarang akan berada di tengah layar beranda.

Anda akan diminta memberikan alamat, meskipun Anda dapat melewati langkah ini jika mau.

Anda kemudian akan diminta untuk menyiapkan perangkat, yang dapat Anda lakukan saat ini atau kapan pun sesudahnya. Anda dapat memilih Perangkat baru untuk menambahkan perangkat, atau Anda dapat menautkan salah satu perangkat Anda yang ada yang telah diidentifikasi sebelumnya di aplikasi.

Saat menambahkan perangkat baru, Anda akan diminta untuk memberikan izin kepada aplikasi untuk mendeteksi dan terhubung ke perangkat Bluetooth terdekat. Lakukan ini dan ikuti petunjuk selanjutnya untuk mencari dan menambahkan perangkat atau perangkat yang Anda pilih.

Saat Anda menambahkan perangkat, Anda akan melihatnya terakumulasi di layar beranda, yang sekarang akan menampilkan nama rumah Anda. Untuk menambahkan lebih banyak perangkat, membuat grup speaker, mengelola layanan, dan lainnya, Anda akan menemukan semua opsi yang diperlukan di Tambah dan Kelola Tidak bisa. Ini diakses dengan mengetuk + simbol di kiri atas layar utama.

Sekarang setelah Anda menghubungkan akun, membuat rumah, dan menambahkan perangkat, Anda sudah siap. Kemungkinan dari sini hanya dibatasi oleh fungsionalitas perangkat Anda.

Baca selanjutnya: Perintah Asisten Google yang perlu Anda ketahui

Source link